Kenapa Laptop Hang, Ini Salah Satu Penyebabnya

Kenapa laptop hang, Ini salah satu penyebabnya – Saat digunakan, tidak jarang laptop anda ngadat alias hang mendadak, dan ini pasti membuat anda jengkel sendiri. Mau marah pada laptop? Tidak mungkin. Mendingan cari tahu kenapa laptop sering mengalami hang.

penyebab hang,laptop,ram kecil
Ilustrasi laptop (pixabay.com)

Banyak  penyebab laptop hang atau lag. Namun salah satu yang lebih sering penyebabnya adalah kapasitas memori yang kecil.

Laptop mempunyai komponen RAM yang berfungsi sebagai otak penyimpan memori yang menunjang kinerja operasi laptop. Kapasitas RAM yang kecil dengan banyaknya file tersimpan atau aplikasi terinstal memungkinkan laptop akan sering mengalami hang. 

Jika memang kapasitas memori laptop kecil, anda perlu memeriksa kembali file yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Mungkin beberapa file video misalnya, yang anda simpan di laptop memberatkan kinerja laptop. Hapus file video yang memberatkan laptop anda.

Bila anda enggan membuang file video karena bagus menurut anda, tentu anda perlu memeriksa aplikasi yang terinstal di laptop. Setiap aplikasi akan membutuhkan kapasitas memori yang besar sehingga memberatkan kerja laptop.

Beberapa aplikasi mungkin perlu anda  uninstal. Lakukan hal ini pada aplikasi yang jarang digunakan atau tidak berguna bagi anda. Sebaliknya gunakan aplikasi yang benar-benar sangat dibutuhkan atau sering digunakan untuk keperluan dan penunjang kelancaran tugas anda.

Jika sayang untuk meng-uninstal aplikasi yang sudah ada pada laptop, tentunya lebih bagus jika anda memiliki finansial cukup kemudian mengupgrade RAM dengan kapasitas yang lebih besar.
Demikianlah salah satu penyebab laptop sering mengalami hang dan cara mengatasinya.

0 Response to "Kenapa Laptop Hang, Ini Salah Satu Penyebabnya"

Posting Komentar