Konsep Atom dan Molekul Serta Ion

Konsep atom dan molekul serta ion – Konsep atom, molekul dan ion merupakan bagian pertama Intisari Materi Pelajaran Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup yang disajikan kesempatan ini. Bagi siswa, termasuk guru yang membutuhkan materi pelajaran IPA kelas 9 SMP/MTs semester Genap ini, tepat banget sudah sampai di blog ini.

partikel materi,atom,molekul,ion
Partikel penyusun materi (matrapendidikan.com)

Kajian dan ulasan materi pelajaran Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup ternyata sangat luas. Oleh sebab itu perlu disajikan intisarinya untuk mempermudah anda mempelajari materi ini.

Pembahasan dalam intisari ini disesuaikan dengan KI dan KD mata Pelajaran IPA Semester Genap. Baik, kita mulai saja!

Hubungan atom, molekul dan ion dapat diketahui dalam peta konsep berikut ini!

Partikel materi itu berupa atom, yang dapat membentuk molekul dan ion. Molekul terbagi 2 yaitu, molekul unsur dan molekul senyawa.  

Unsur tersusun atas atom-atom yang sama. Sedangkan senyawa tersusun atas atom-atom yang berbeda.

Ion terdiri atas ion positif dan negatif. Ion juga dapat membentuk suatu senyawa.

Atom, molekul dan ion merupakan jenis partikel dasar penyusun materi. Jenis partikel materi ini akan mempengaruhi sifat benda, seperti: bahan serat, karet, tanah liat, kaca, plastik dan logam. Partikel merupakan satuan dasar bagian terkecil dari suatu materi atau benda.

1.Atom

Atom adalah satuan terkecil suatu materi yang terdiri atas inti dan dikelilingi oleh elektron. Dalam inti atom terdapat proton (muatan positif) dan netron (tidak bermuatan). Boleh juga dikatakan bahwa atom adalah partikel penyusun suatu unsur.

Kumpulan atom yang mempunyai sifat dan karakter sama disebut unsur..Ternyata tubuh makhluk hidup tersusun atas milyaran atom. Begitu pula benda atau zat seperti kayu, palstik, air udara dan lain sebagainya, juga tersusun atas atom-atom.

Atom-atom tersebut saling berikatan dan membentuk senyawa tertentu. Senyawa yang terbentuk ini akan memberikan sifat-sifat tertentu pada benda, seperti elastis, rapuh dan kuat.

2.Molekul

Molekul adalah gabungan atau ikatan beberapa atom unsur. Dapat juga diartikan molekul adalah partikel terkecil dari suatu unsur atau senyawa.
Baca juga : Molekul dalam Benda Mati dan Mkhluk Hidup
Molekul terbagi 2, yaitu molekul unsur dan molekul senyawa.

-Molekul unsur adalah gabung atom yang sama jenisnya. Contohnya, O2, H2,N2 dan lain sebagainya.

-Molekul senyawa adalah gabungan atom unsur yang berbeda jenisnya. Contohnya: H2O, CO2, H2S dan lain sebagainya.

Molekul zat juga akan mempengaruhi sifat-sifat zat. Misalnya, Zat yang dibakar akan membentuk zat baru yang sifatnya berbeda dengan sifat zat aslnya. Zat yang tersusun oleh molekul sama dibakar akan menghasilkan bau yang sama juga. 

Bau rambut dan bulu hewan yang dibakar akan sama karena kedua zat ini tersusun atas molekul yang sama, yaitu protein. Begitu pula bau kertas dan kayu yang telah dibakar, akan sama karena tersusun atas molekul selulosa.

3.Ion

Ion adalah atom yang bermuatan listrik. Ion yang bermuatan listrik positif disebut kation dan ion bermuatan negatif disebut anion.

Kation dan anion berupa ion tunggal (satu jenis atom) dapat pula ion poliatom, mengandung dua atau lebih atom yang berbeda. Proses pembentukan ion disebut ionisasi. Gaya tarik menarik antara kation dan anion dalam suatu senyawa disebut ikatan ionik. 

Nah, bagaimana? Konsep atom, molekul dan ion menjadi singkat, bukan? Mungkin anda sudah paham, namun kalau belum anda boleh bertanya melalui kolom komentar di bawah ini!. 

Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Konsep Atom dan Molekul Serta Ion"

Posting Komentar