Yang Doyan Nangka Baca Manfaat dan Efeknya Bagi Kesehatan

Yang suka nangka muda baca manfaat dan efeknya bagi kesehatan – Nangka atau cempedak sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Buah nangka, baik yang masih muda maupun yang sudah masak serta bijinya dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi.

buanh nagka,nangka muda,gulai nangka
Buah nangka muda (foto: matrapendidikan.com)

Nangka termasuk buah yang bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh. Namun bagi penderita gangguan dan penyakit tertentu, mengkonsumsi buah nangka juga mendatangkan efek buruk.


A.Nangka muda

Nangka muda dapat diolah menjadi gulai atau masakan berkuah santan kelapa. Selain itu juga dapat diolah menjadi sayur dan rendang nangka.

Gulai nangka muda merupakan buah nangka muda yang diolah dengan bahan kuah santan kelapa. Gulai nangka muda akan menjadi pelengkap menu makan nasi, menu sarapan.

Menu sarapan dari bahan nangka muda dikenal dengan ketupat gulai nangka atau lontong gulai nangka.

Gulai nangka muda memang miskin akan kalori dan miskin nutrisi Tentu saja cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menurunkan kalori dalam tubuh. Namun untuk menambah kalori gulai nangka, perlu dikonsumsi bersama ketupat atau lontong.

gulai nangka,nangka muda,olahan nangka
Gulai nangka, salah satu olahan buah nangka muda (foto: matrapendidiakn.com)

Agar lebih lengkap kandungan gizi gulai nangka muda perlu ditambahkan telur rebus. Mengkonsumsi ketupat atau lontong gulai nangka akan membuat perut terasa kenyang.

Buah nangka memiliki kandungan mineral yang tinggi untuk pertumbuhan tulang, seperti kalsium, pospor. Selain itu nangka muda mengandung vitamin dalam kadar rendah seperti vitamin A dan C.

Efek mengkonsumsi nangka muda akan menimbulkan gas dalam perut sehingga perut terasa kembung. Oleh sebab itu tidak cocok dikonsumsi oleh yang bermasalah dengan pencernaan dan penyakit maag.

B.Nangka masak

Buah nangka yang sudah matang akan berdaging serat berwarna kuning, aroma dan citarasa yang enak. Buah nangka diyakini mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh sebab itu mengkonsumsi buah nangka memberi manfaat untuk kesehatan. Diantaranya sumber kalori yang berasal dari kandungan glukoa.sederhana, seperti fruktosa dan glukosa. Juga mengandung berbagai vitamin, A, B dan C serta mineral; seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium, zat besi dan seng

Kemudian juga mengandung senyawa thiamin, riboflavin dan niasin.. Selain itu juga kaya akan serat sebagai antioksidan yang.membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Biji nangka

Biji nangka memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, menyehatkan rambut, tinggi protein, mencegah kerusakan rambut, melawan keriput, mendapatkan kulit mulus, dan lain sebagainya.

Di balik limpahan kandungannya yang baik bagi tubuh, nangka juga memiliki beberapa kandungan berbahaya bagi tubuh. Jika dikonsumsi dalam takaran yang normal, kandungan berbahaya tersebut tidak akan terlalu berperan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka sudah pasti akan membahayakan kesehatan tubuh.

Adanya kandungan yang berbahaya ini membuat nangka tidak boleh dikonsumsi oleh semua orang terutama orang dengan beberapa jenis penyakit.

0 Response to "Yang Doyan Nangka Baca Manfaat dan Efeknya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar