Mengenal 9 Komponen pada Mainboard Komputer

Mengenl 9 komponen pada mainboard komputer – Sebuah komputer terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras terdiri dari banyak komponen dan salah satunya adalah mainboard atau motherboard. Komponen ini juga terdiri dari bagian-bagiannya yang disusun sedemikian rupa dalam papan PCB.

mainboard,komponen komputer,hardware
Perangkat mainboard komputer

Komponen-komponen pada mainboard tersebut berfungsi untuk mengatur BIOS (Bassic Input Output System) pada komputer.. Selain itu mainboard juga mengatur sistim pada RAM, VGA dan lain sebagainya.

Ada 9 komponen mainboard yang perlu dikenal; Berikut ulasannya!

1.BIOS

Komponen BIOS berupa chip untuk mengontrol tingkat kesiapan komputer pada saat booting dengan melakukan pengecekan pada semua hardware yang terpasang di komputer.

Pada sebagian komputer sekarang ini memang tidak lagi memerlukan komponen BIOS. Namun pada komputer seri sebelumnya BIOS memilii peran penting untuk banyak komputer.

2.Slot IDE dan SATA

Fungsi kedua slot ini berfungsi sama, sebagai penghubung harddisk ke mainboard. Namun secara fisik, kedua slot ini terlihat berbeda. Slot IDE berbentuk lebih panjang dan memiliki ukuran sesuai dengan kabel IDE.

Sedangkan slot SATA memiliki ukuran yang lebih kecil dan kabelnya lebih kecil dan halus sehingga tidak banyak menempati ruang pad mainboard.

Slot IDE sendiri saat ini sudah jarang diaplikasikan pada Mainboard komputer keluaran baru, pihak produsen lebih memilih memaksimalkan peran dari slot SATA yang memiliki bentuk lebih kecil sehingga dianggap minimalis dan efisien.

3.Slot memory

Slot memory merupakan komponen yang sangat penting karena memiliki fungsi untuk menghubungkan RAM pada komputer. Slot memory sendiri biasanya memiliki bentuk memanjang yang sesuai dengan ukuran dari sebuah RAM sehingga jika ingin mengganti RAM perlu diketahui terlebih dahulu apakah ukurannya cocok dengan slot memory pada Mainboard.

4.Slot AGP dan PCI express X16

Jika sebelumnya slot memory berperan sebagai tempat dari memori RAM maka selanjutnya slot AGP dan PCI Express x16 ini berperan sebagai tempat dari graphic card / VGA.

Namun demikian slot AGP sendiri sudah sangat jarang ditemui pada Mainboard keluaran terbaru saat ini, kebanyakan dari produsen memilih untuk mengaplikasikan slot PCI Express pada Motherboard untuk menghubungkan VGA karena dirasa memiliki kualitas yang lebih baik.

5.Slot PCI express X1

Slot PCI Express X1, walaupun memiliki nama yang hampir sama dengan komponen sebelumnya namun keduanya memiliki fungsi yang jauh berbeda. Pada slot PCI Express X1 ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk memasang berbagai peripheral tambahan  sehingga komponen ini biasanya berjumlah lebih dari satu, dengan tujuan untuk mengantisipasi banyaknya jumlah peripheral yang ada.

6.Baterai CMOS

Baterai CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menghantarkan daya pada sistem BIOS dan menyimpan berbagai setting pada sistem BIOS itu sendiri. Jadi, dengan mencabut baterai CMOS dari Mainboard akan berpengaruh kepada sistem dari BIOS yang mana nantinya seluruh pengaturan didalamnya akan kembali pada settingan default.

7.I/O port

Komponen ini adalah bagian yang dapat terlihat dari luar casing Motherboard, berbentuk kumpulan port sebagai input atau output dari kabel-kabel seperti VGA, LAN, PS/2, dan USB.

8.Pin cable front panel

Komponen ini memiliki fungsi untuk menghubungkan tombol power, tombol restart, LED power, dan LED Harddisk.

9.Power Connector

Power Connector berfungsi sebagai penghubung antara mainboard dengan daya listrik yang mana nantinya akan diolah sebagai tenaga untuk menyalakan mainboard.
Kesembilan komponen mainboard di atas perlu dikenal untuk memudahkan pengguna komputer untuk memeriksa bagian komponen ketika komputer mengalami permasalahan.

0 Response to "Mengenal 9 Komponen pada Mainboard Komputer "

Posting Komentar