Begini Cara Merawat Mainboard Komputer Agar Tahan Lama

Begini cara merawat mainboard  komputer agar tahan lama – Guru dan pengguna komputer pribadi (kompi) lainnya tidak haya perlu mengetahui komponen-komponen yang ada pada mainboard. Lebih dari itu perlu juga untuk mengetahui bagaimana merawat mainboard komputer.

cara merawat,mainboard komputer,agar awet
Merawat mainboard komputer agar awet (foto: matrapendidikan.com)

Pada bagian terdahulu pelajaran TIK telah dibahas beberapa komponen yang menjadi bagian penting sebuah mainboard. Nah, kali ini akan disajikan bagaimana cara merawat mainboard agar awet dan berumur panjang serta mampu bekerja secara optimal.

1.Gunakan UPS

UPS (Uninteruptible Power Suply) adalah perangkat yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik dan mampu menyimpan arus listrik selama beberapa waktu ketika arus listrik terputus karena padamnya listrik di rumah.

Pada keadaan tertentu, tegangan listrik di rumah menjadi turun ataupun naik. UPS berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik sehingga menjaga pasokan arus listrik ke mainboard.

Nah, ketika listrik padam secara mendadak, komputer tidak akan off secara mendadak karena masih mendapat pasokan arus listrik beberapa saat dari UPS. Tentu saja tidak hanya mainboard yang dimankan melainkan juga komponen lain seperti harddisk menjadi aman.

2.Bersihkan motherboard secara berkala

Membersihkan mainboard secara berkala akan membebaskan komponen ini dari debu yang akan merusak panel mainboard maupun komponen-komponen yang ada di papan PCB mainboard.

Debu yang bersarang di panel mainboard akan berpotensi menyumbat udara, mempercepat overheat pada mainboard. Hal ini juga akan berpotensi membuat komputer hang atau lag.

3.Perhatikan sirkulasi udara

Perhatian terhadap sirkulasi udara penting untuk mengamankan CPU (Control Process Unit) dan mainboard. Oleh sebab itu ventilasi udara pada cassing komputer bebeas dari hambatan benda atau debu yang menempel.

4.Digunakan atau ditinggalkan terlalu lama

Yang tak kalah penting dalam merawat mainboard komputer adalah menggunakan komputer terlalu lama. Begitu pula meinggalkan komputer atau tidak menggunakan komputer dalam wakut yang lama.

Penggunaan komputer yang terlalu lama mengakibatkan komputer bekerja keras dan menyebabkan mainboard akan overheat meskipun menggunakan kipas

Sebaliknya jangan tinggalkan komputer dalam waktu lama karena akan membuat komponen-komponen di dalamnya akan melemah, berjamur atau mengeropos yang berujung pada disfungsi mainboard.

0 Response to "Begini Cara Merawat Mainboard Komputer Agar Tahan Lama"

Posting Komentar