Memodifikasi Stand Mic Menjadi Tripod Demi Peliputan Acara Pensi

Memodifikasi stand mic menjadi tripod demi peliputan acara pensi  – Ide membuat tripod sederhana ini berawal dari kebetulan saja. Kepala sekolah menginstruksikan kepada admin untuk menjadi dokumenter acara Pentas Seni (Pensi) yang diselengagrakan Sabtu lalu, (1/2/20).

tripod kamera,camcorder,video acara,pentas seni
Inilah wujud tripod kamera modifikasi untuk abadikan pentas seni dalam bentuk video. (foto: Hadi rahim/matrapendidikan.com)

Instruksi itu admin terima tidak berapa lama sebelum acara dimulai. Sebenarnya tanpa diinstruksikan, admin dan kontributor matrapendidikan.com, Hadi Rahim, memang telah berniat akan meliput acara pementasan seni siswa kelas 9 itu. 

Baca kembali: Acara Pentas Seni Siswa Meriah dan Sukses
Namun ketika mendapat instruksi dari atasan, admin ingin meliput acara dengan santai, tanpa capek berjalan membawa kamera android kesana kemari dan hasilnya lebih baik.

Berpikir sejenak, fasilitas untuk meliput acara ini yang admin punya hanyalah kamera android dan Tongkat Eksis (Tongsis). Admin tidak memiliki tripod. 

Belum ada dana membeli tripod seperti merek manfrotto, yunteng, meFoto, attanta atau sejumlah merek tripod lainnya.

Disinilah awal mulanya ide membuat tripod sederhana. Memodifikasi 3 peralatan, kamera android, tongsis dan stand mic pendek. 

fokus shooting,video acara,pentas seni,tripod sederhana
Admin lagi fokus shooting gambar pementasan seni kayak kameramen benaran (foto: Hadi Rahim/matrapendidiakn.com)

Gunakan stand mic pendek

Admin mencari sebuah stand mic pendek yang biasa dipakai saat upacara bendera di sekolah.

Mula-mula dipasang kamera android di sangkutan Tongsis. Kemudian pasangkan pada penyangga mikropon dengan posisi pemasangan terbalik dari penggunaan stand mic lazimnya.

Tujuannya agar tongsis dan kamera android bisa bertumpu pada dudukan mikropon. Sementara pada bagian pegangan tangan penyangga mikropon dan ujung tongsis bisa menyatu dan erat dengan diberi ikatan isolasi..

Kini, stand mic pendek sudah berfungsi menjadi tripod kamera sederhana. Tripod kamera merupakan aksesoris kamera atau camcorder berupa penyangga kaki tiga yang dapat difix tinggi maupun putaran kiri kanannya.

liput video,pentas seni,posisi santai,tripod sederhana


Dengan dibantu Hadi Rahim, Triyanda Putra dan Rahid Sikumbang, akhirnya selesai juga tripod modifikasi dan siap untuk menjadi kameramen mirip kameramen televisi. 

Lebih santai dan bebas dengan tripod sederhana

Ternyata asyik juga mengambil gambar video acara Pensi di sekolah dengan tripod modifikasi. Tentu lebih asyik lagi jika menggunakan tripod sebenarnya dengan merek disebutkan di atas.

Akhirnya admin dapat merekam gambar berupa video pada acara Pensi dari awal sampai akhir. Admin telah menjadi kameramen dadakan dan amatiran melalui tripod modifikasi antara android, tongsis dan stand mic pendek. 

Untuk melihat hasil rekaman video tersebut pengunjung dapat membuka youtube pada chanel  Kanal Seremoni. Jangan lupa disubscribe ya?

Hasil rekaman video tersebut memang tidak terlalu bagus namun saat men-shooting acara admin bisa berdiri atau duduk dengan santai, sambil memutar penyangga stand mic yang menyerupai tripod.

Demikianlah sharing matrapendidikan.com untuk pengunjung budiman tentang peliputan acara Pensi di sekolah yang menggunakan tripod kamera hasil modifikasi

0 Response to "Memodifikasi Stand Mic Menjadi Tripod Demi Peliputan Acara Pensi"

Posting Komentar