Pemanfaatan Sifat Bahan dalam Kehidupan Sehari-hari

Pemanfaatan sifat bahan dalam kehidupan sehari-hari – Pada bagian ketiga intisari materi Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup akan dibahas pemanfaatan sifat bahan dalam kehidupan sehari-hari. Bahan dimaksud hanya dipilih beberapa contoh saja dan  dikira erat kaitannya dengan kelangsungan kehidupan manusia sehari-hari.

bahan plastik,pemanfaatan,bahan
Salah satu penggunaan bahan dalam kehidupan sehari-hari (pixabay.com)

1.Pupuk buatan

Tanaman padi memerlukan zat makanan. Petani perlu memasok zat makanan tersebut  dengan cara memberikan pupuk anorganik. Salah satu contoh bahan pupuk yang digunakan petani adalah urea dan NPK.

Pupuk urea banyak mengandung unsur nitrogen dalam bentuk ion amonium (NH4+). Sedangkan pupuk NPK mengandung unsur nitrogen (N) posfor (P) dan kalium (K).

2.Fotosintesis

Proses fotosintesis tumbuhan pada zat hijau daun (klorofil) memerlukan gas karbondioksida (CO2) dan air (H2O). Tumbuhan menyerap sinar matahari sebagai sumber energi dalam proses fotosintesis yang mengubah CO2 dan H2O menjadi glukjosa (C6H12O6).

Glukosa terdiri dari atom penyusun karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O). Perhatikan atom penyusun glukosa ini, sama dengan atom yang terdapat dalam CO2 dan H2O.

Ini berarti CO2 dan H2O dapat membentuk senyawa baru melalui reaksi kimia fotosintesis dengan sifat kimia dan fisika yang berbeda dengan asalnya, yaitu karbondioksida dan air.

Klorofil adalah senyawa yang terdapat dlam kloroplas dan tersusun atas beberapa atom seperti karbon (C), hidrogen (H), Nitrogen (N) dan magnesium (Mg).

3.Intan dan grafit

Intan dan grafit tersusun atas atom yang sama,  yaitu atom karbon (C) namun membentuk struktur dan jenis ikatan yang berbeda.sehingga dihasilkan sifat/karakter berbeda.

4.Plastik

Berdasarkan bahan penyusunnya terdapat banyak jenis plastik, misalnya: PETE, HDPE, PVC, LDPE, PP dan FS. Masing-masing jenis plastik ini memiliki sifat yang berbeda.Sehingga pemanfaatanya perlu diperhatikan jenis plastik tersebut.

5.Logam

Banyak jenis logam yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya baja, stainless steel, galvanum, perunggu dan kuningan.

6.Tulang

Tulang tersusun atas bagian yang hidup yaitu sel-sel tulang (osteosit) dan bagian tak hidup. Zat organik penyusun tulang adalah kolagen, protempolisakarid dan glikoamiloglikan. Sedangkan zat anorganik penyusun tulang adalah senyawa hidroksiapetit.

7.Gigi

Penyusun gigi hamoir sama dengan tulang. Pada gigi terdapat protein yang disebut amelogenin dan enamelin. Selain itu juga terdapat senyawa yang mengandung unsur magnesium (Mg), natrium (Na) dan Fluor (F).

Demikian 7 pemanfaatan sifat bahan dalam kehikdupan sehari-hari.

0 Response to "Pemanfaatan Sifat Bahan dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar