Seberapa Penting Peranan Buku Catatan Siswa dalam Mempersiapkan Ulangan?

Seberapa penting peranan buku catatan siswa ketika mempersiapkan ulangan? – Buku catatan bukanlah salinan semua isi buku sumber belajar siswa. Akan tetapi buku catatan adalah intisari atau rangkuman materi pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. Namun dalam buku catatan juga terdapat intisari maupun rangkuman materi pelajaran yang diambil dari buku sumber belajar.

peranan,buku catatancatatan pelajaran
Buku catatan pelajaran siswa (doc.matrapendidikan.com)

Buku catatan pelajaran siswa berperan penting dalam mempersiapkan ulangan di sekolah. Ada beberapa jenis ulangan di sekolah, seperti ulangan harian, tengah semester dan ulangan akhir semester.

Dengan buku catatan lengkap dan rapi, siswa dapat mempersiapkan ulangan dengan baik dan dapat memahami berbagai materi pelajaran dengan mudah.

Kenapa mudah?

Karena isi buku catatan pelajaran berupa catatan-catatan penting mengenai bahan pelajaran. Hal ini akan mempermudah siswa belajar kembali di rumah saat menghadapi ulangan.

Selain itu, siswa yang rajin mencatat materi pelajaran di sekolah dan memiliki buku catatan yang rapi dan bersih akan membuat betah siswa untuk mengulang pelajaran di rumah.

Lagi pula, buku catatan yang lengkap akan membuat siswa belajar lebih praktis tanpa harus membuka keseluruhan isi buku sumber belajar. Kecuali ada bagian-bagian materi tertentu yang mengharuskan siswa untuk membaca kembali buku sumber belajar.

Hasil ulangan di sekolah akan memuaskan!

Bagimana jika siswa malas mencatat materi pelajaran yang diterangkan oleh guru di sekolah? Tentu saja buku catatan pelajarannya tidak lengkap. Isi buku catatan pelajarannya banyak yang kosong.

Dapat dibayangkan, bagaimana jadinya ketika siswa akan menghadapi ulangan di sekolah. Siswa tidak dapat mempersiapkan ulangan dengan baik di rumah. Bahkan siswa jadi malas belajar atau tidak belajar sama sekali, apalagi orangtua siswa lalai dalam mengawasi kegiatan anak di rumah.

Mustahil hasil ulangan siswa akan memuaskan!

Tinggal kelas atau tidak lulus gara-gara malas mencatat materi pelajaran dan malas mengulang pelajaran di rumah? Secara normatif, kedua hal tersebut dapat saja terjadi.

Dapat disimpulkan bahwa buku catatan pelajaran sangat penting peranannya bagi siswa dalam mempersiapkan ulangan di sekolah.

0 Response to "Seberapa Penting Peranan Buku Catatan Siswa dalam Mempersiapkan Ulangan?"

Posting Komentar