Mengenal Perangkat Utama Komputer

Mengenal perangkat utama komputer – Komputer menjadi salah satu fasilitas penunjang kelancaran kerja dan tugas di kantor maupun di rumah. Bagi guru, fasilitas komputer sangat penting artinya dalam menyiapkan perangkat pembelajaran. Sedangkan tenaga administrasi memanfaatkan komputer untuk kelancaran tugas dministrasi sekolah.

mengenal,perangkat komputer
Perangkat komputer (pixabay.com)

Perlu diketahui oleh guru maupun tenaga administrasi di sekolah bahwa beroperasinya suatu komputer akan melibatkan 3 perangkat atau komponen utama yaitu perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna komputer.

1.Perangkat keras (hardware)

Perangkat keras komputer adalah perangkat atau komponen komputer yang secara fisik dapat dilihat dan disentuh. Yang termasuk perangkat ini tidak lain peralatan dari komputer itu sendiri.

CPU (central processing unit), monitor, keyboard, mouse, printer, scanner, dan sebagainya adalah contoh-contoh perangkat keras komputer.

2.Perangkat lunak (software)

Perangkat lunak komputer adalah perangkat yang berisi program-program yang terdapat dalam sebuah komputer. Jika komputer tidak memiliki program komputer (software) maka komputer tidak akan bisa berjalan.

3.Pengguna komputer (brainware)

Brainware adalah sumberdaya manusia (SDM) yang terlibat dalam mengoperasikan komputer. Pengguna komputer akan memberikan instruksi atau perintah serta mengatur sistem komputer.

Jadi, pengguna komputer atau orang yang menggunakan komputer termasuk brainware.

Komputer dapat beroperasi dengan baik ketika ketiga komponen utama ini berjalan bagaimana mestinya. Secara logika komputer hanya mempunyai 3 proses kerja, yaitu input data, pemrosesan data dan output data.
Di antara ketiga proses tersebut peran dari hardware menjadi bagian utama pembangunan struktur dasar komputer. 

0 Response to "Mengenal Perangkat Utama Komputer"

Posting Komentar