Tepis Rumor, Guru Ikuti Sosialisasi dan Simulasi Soal AKM

Tepis rumor, guru ikuti sosialisasi dan simulasi soal akm – Sebanyak 17 guru SMPN 2 Lintau Buo telah mengikuti sosialisasi dan simulasi soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) di ruang Laboratorium Komputer sekolah tersebut sekaligus menepis rumor yang berkembang sebelumnya di kalangan guru, Rabu (04/03/20).

sosialisasi,simulasi,akm,guru
Guru mengikuti simulasi AKM di ruang Laboratorium Komputer (foto: Rahid/matrapendidikan.com)

Seperti rumor dikalangan guru yang berkembang sebelumnya, guru akan menjalani ujian AKM dan berpengaruh pada sertifikasi.

“Guru bukan mengikuti ujian apalagi mendapatkan nilai tertentu, melainkan simulasi untuk mengenal bagaimana bentuk soal AKM yang diberikan kepada siswa,” ujar kepala SMPN 2 Lintau Buo, Titin Susilawati, S.Pd. saat memberikan sambutan sebelum dimulainya simulasi AKM di ruang Laboratorium Komputer.

Sementara itu salah seorang guru non kualifikasi dan sertifikasi yang ikut sosialisasi AKM menyebutkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat Asesmen dan Penilaian bertujuan untuk memperkenalkan materi AKM dan survei karakter.

“Bentuk soal AKM terbagi 3 bentuk, yaitu literasi, numerasi dan survei karakter,” ujarnya usai log out di komputer sosialisasi kepada admin matrapendidikan.com.

Lebih jauh ia memaparkan hasil sosialisasinya terhadap soal-soal AKM dimana literasi mencakup kemampuan siswa dalam memahami bacaan atau narasi kemudian memahami konsep dibalik narasi tersebut.

Sementara itu dalam aspek numerasi meliputi kemampuan menganalisa data dengan menggunakan angka-angka. Sedangkan survei karakter lebih berorientasi pada penelusuran karakter siswa dalam bentuk angket yang dijawab oleh siswa sesuai dengan kondisi dan pemahamannya terhadap soal.
Seperti diketahui, AKM akan diberikan kepada siswa mulai tahun 2021 Oleh sebab itu guru sebagai praktisi pendidikan dalam pembelajaran perlu mengenal bagaimana bentuk-bentuk soal AKM yang akan diberikan kepada siswa sehingga menjadi acuan dalam menjalan proses pembelajaran di ruang kelas.

1 Response to "Tepis Rumor, Guru Ikuti Sosialisasi dan Simulasi Soal AKM"

  1. Wahhh mantep nih gurunya upgrade ilmu untuk siswa siswanya, mantap lanjutkan mas :D

    BalasHapus