Manfaat Layanan Internet dalam Pendidikan

Manfaat layanan internet dalam pendidikan – Pada hakikatnya internet merupakan kumpulan beberapa komputer di seluruh dunia yang tergabung dalam jaringan yang sangat luas. Jaringan tersebut terhubung satu sama lain antara server dan client. Internet akan memberikan layanan informasi tentang berbagai hal sehingga dapat diakses oleh pengguna.

manfaat,layanan internet,pendidikan
Ilustrasi layanan internet (pixabay.com)

Salah satunya layanan internet digunakan dalam pendidikan yang penggunanya guru, siswa dan tenaga admiistrasi di sekolah. Ketiga komponen ini dapat memanfaatkan layanan internet dalam memperoleh informasi sehingga proses pendidikan dapat berlangsung menjadi lebih efektif dan efisien.

Bagi guru, layanan internet akan meningkatkan kualitas pembelajaran karena telah mengupdate informasi berkaitan dengan kelancaran tugas dan fungsinya.

Apa saja manfaat layanan internet bagi guru dan siswa dalam pembelajaran?

1.Pengembangan profesionalisme

Dengan adanya layanan internet, guru dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan kependidikan, bekerja sama dan berinteraksi dengan rekan guru dan meraih prestasi dalam forum pengetahuan pendidikan.

2.Sebagai sumber bahan ajar

Guru dapat mengakses perangkat pembelajaran serta informasi lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus profesionalisme guru. Informasi materi pelajaran dan bahan ajar dapat diakses oleh guru mellaui layanan nternet.

3.Dapat belajar cepat

Penggunaan layanan internet bagi siswa sebenarnya dapat mempercepat proses belajar siswa untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari.
Layanan internet juga dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai cara belajar mandiri secara online.

4.Memperkaya pengetahuan dan wawasan siswa

Layanan internet dapat dimanfaatkan oleh siswa dengan tepat dan efektif untuk meningkatkan komunikasi dalam belajar, cara belajar yang baik dan lain sebagainya.

Selain dari itu guru dapat menggunakan layanan internet web course, yaitu penggunaan layanan internet untuk keperluan pembelajaran dimana seluruh bahan belajar, diskusi dan penugasan melalui internet.

Sistem layanan dalam web course dengan sumber belajar digital, baik layanan yang dikembangkan sendiri maupun dengan membuat hubungan (link) ke berbagai sumber belajar yang tersedia dalam internet.
Komunikasi guru dengan siswa dapat dilakukan secara terpisah setiap saat untuk keperluan pembelajaran melaluli layanan fasilitas internet seperti email, chatt room, bulettin board dan online cnference.


0 Response to "Manfaat Layanan Internet dalam Pendidikan"

Posting Komentar