Yuk, Ketahui Manfaat Muhasabah Bagi Siswa Sebelum Mengikuti UN

Yuk, ketahui manfaat muhasabah bagi siswa sebelum mengikuti un – Sebelum menyelenggarakan Ujian Nasional (UN), pihak sekolah telah melakukan berbagai persiapan penting. Persiapan dimaksud tidak semata menyangkut materi dan fisik dalam penyelenggaraan UN. Ada pula persiapan spiritual yang tak kalah penting diselenggarakan oleh sekolah.

muhasabah,manfaat muhasabah,peserta UN,jelang UN
Muhasabah jelang UN (foto: doc.matrapendidikan.com)

Muhasabah merupakan salah satu bentuk kegiatan penting untuk mempersiapkan peserta didik secara spiritual dalam menghadapi UN. Tidak hanya sekadar tradisi, kegiatan muhasabah menjadi sebuah upaya penting bagi sekolah sebelum menyelenggarakan UN.

Kegiatan mushasabah biasanya diikuti oleh peserta didik yang akan mengikuti UN. Selain itu juga diikuti oleh semua guru dan orangtua dan guru pembimbing muhasabah.

Bagi siswa yang akan menghadapi UN, kegiatan muhasabah penting untuk diikuti karena kegiatan ini mengandung banyak unsur manfaat secara spritual, motivasi dan doa. Yuk, simak apa manfaat muhasabah bagi siswa jelang menghadapi UN.

1.Mengingatkan diri siswa akan dosa dan kesalahan

Mungkin selama ini siswa sering melakukan dosa terhadap Allah SWT. Begitu pula berbuat kesalahan terhadap orangtua dan guru. Dalam kesempatan muhasabah, semua itu akan diingatkan oleh pembimbimbing muhasabah.

Jika siswa merasa melakukan itu kepada Allah SWT, orangtua dan guru makja segeralah bertobat, minta maaf kepada orangtua dan guru.

2.Mengharap petunjuk dari Allah SWT

Dalam kegiatan muhasabah juga dlakukan doa dan harapan kepada Allah SWT agar diberi petunjuk dalam menjalani UN. Mohon doa restu orangtua dan guru karena perjalanan seorang anak tidak lepas dari doa dan restu orangtua.

3.Tidak takabur dan sombong

Muhasabah mengingatkan siswa untuk tidak takabur dalam menghadapi UN. Meskipun sudah berdoa, minta restu orangtua dan guru, siswa perlu terus berusaha memanfaatkan waktu untuk belajar.

4.Motivasi menjelang UN

Muhasabah memberikan motvasi kepada peserta didik untuk sukses menjalani UN. Pembimbing muhasabah pasti memberikan tips dan kiat bagaimana menghadapi dan menjalani UN dengan baik sehingga siswa sukses dengan nilai yang memuaskan tentunya.

5.Memperkuat mental hadapi UN

Peserta didik tidak perlu takut menghadapi UN. Toh, UN ini telah berlangsung sejak dulu. Namun yang berbeda adalah sistemnya. Salah satunya, UN sekarang menggunakan media komputer. Siswa menjalani UN melalui komputer yang dikenal dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Tak perlu grogi karena sekolah juga telah melaksanakan Tryout UN menggunakan media komputer. Selain itu, bagi peserta didik, komputer bukan lagi barang unik melainkan benda yang sudah biasa dipakai di sekolah, Warnet bahkan di rumah.

So, ikutilah kegiatan muhasabah yang diadakan sekolah dengan baik. Kegiatan ini menjadi sebuah kesempatan emas bagi peserta didik yang akan menghadapi UN 2020 ini.

0 Response to "Yuk, Ketahui Manfaat Muhasabah Bagi Siswa Sebelum Mengikuti UN"

Posting Komentar