Mengenal Sumber Daya Internet WWW Atau Web Site

Mengenal sumber daya internet www atau web site – WWW singkatan dari World Wide Web, salah satu sumber daya internet disamping email, mailing list, internet relay chatfile transfer protocol dan voIP. Semua sumber daya internet ini dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

www,world wide web,web site
Ilustrasi www (pixabay.com)

World Wide Web ini dikenal juga dengan sebutan Web atau web site, yaitu fasilitas internet dalam bentuk hipertext dan dapat diakses melalui software web browser.

Software web browser yang sering digunakan antara lain mozilla, opera, google chrome dan lain sebagainya.  

Sumber daya internet world wide web ini dapat menampilkan berbagai kumpulan informasi berupa teks, suara, gambar, animasi maupun video. Dengan sumber daya internet ini kita akan mendapatkan berbagai macam informasi, pengetahuan, hiburan, dan lainnya.

WWW terdiri jutaan situs web atau web site dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Salah satu diantara jutaan web itu adalah www.matrapedidikan.com. Web site ini memiliki banyak halaman web (web page/home page).

Halaman web www.Matrapendidikan.com adalah halaman yang terlihat pada software web browser yang digunakan. Situs web terdiri dari berbagai halaman web yang saling terkait antara yang satu denga yang lainnya.

Anda mungkin mengetahui kelebihan www dimana terdapat hyperlink yaitu teks berwarna biru atau merah dan bergaris bawah. Tek ini ini dapat diklik dan akan menuju ke halaman web yang lainnya. Ini biasanya disebut dengan link internal. Secara otomatis web browser pada komputer akan membukanya.

Jadi, web site (situs) dapat diumpamakan seperti sebuah buku yang mengandung berbagai halaman yang dikenal dengan sebutan web pages. Web pages ialah sebuah bagian khusus dari website tertentu.

Kita juga dapat mengenal istilah homepage, yaitu halaman muka atau utama pada sebuah situs web. Dapat diumpamakan ibarat sampul halaman pada sebuah buku. Biasanya homepage berisi daftar isi sehingga dapat memudahkan para pengunjung menelusuri apa isi di dalam web tersebut.

Saat kita ingin mengunjungi sebuah website, kita hanya mengetikkan URL website tersebut pada web browser. URL, pasti kata ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. URL adalah singkatan dari uniform resource locator, yaitu alamat dimana sebuah situs diletakkan.

0 Response to "Mengenal Sumber Daya Internet WWW Atau Web Site"

Posting Komentar