Metode Belajar Jarak Jauh, Efektifkah Buat Peserta Didik?

Metode belajar jarak jauh, efektifkah buat peserta didik? – Metode Belajar Jarak Jauh (BJJ) menjadi alternatif ketika peserta didik tidak dapat menjalani proses belajar secara  langsung di sekolah. Tidak dapat belajar secara langsung karena menjalani masa libur atau terpaksa libur oleh karena sesuatu dan lain hal.

gadged,fasilitas belajar,jarak jauh,bjj
Fasilitas belajar jarak jauh (foto: pixabay.com)

Efektifkah metode BJJ ini diterapkan oleh lembaga pendidikan formal berbasis sekolah? Sebelum menjawab pertanyaan ini akan dibahas terlebih dulu metode pendidikan jarak jauh, disingkat PJJ..

Menurut ensiklopedi bebas wikipedia, pendidikan jarak jauh (distance education) adalah lembaga pendidikan formal berbasis lembaga dimana peserta didik dan instruktur berada di lokasi terpisah. 

Metode PJJ ini memerlukan sistem telekomunikasi interakstif untuk menghubungkan peserta didik dengan instruktur serta sumberdaya yang diperlukan didalamnya.

Pembelajaran elektronik (electronic-learning) atau pembelajaran daring (online) adalah bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabugkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet.

Berdasarkan hal tersebut metode BJJ akan dapat berlangsung secara efektif dengan memenuhi kriteria dan persyaratan tertentu. 

Seperti dikutip dari media Wartakotanews, pakar pendidikan Indonesia Profesor Arief Rahman, metode BJJ dapat dilakukan dalam lembaga sekolah.

Pernyataan tersebut disampaikan Profesor Arif Rahman sehubungan dengan penutupan masa sekolah selama dua minggu oleh Pemerintah DKI Jakarta akibat wabah virus corona (Covid-19).

Metode BJJ dapat dilakukan melalui media daring (online). Tentu saja profesor Arief Rahman mengatakan hal tersebut berdasarkan pengalaman beberapa sekolah swasta di Jakatrta yang menerapkan belajar secara online melalui internet.

Peserta didik dapat belajar jarak jauh namun harus memiliki fasilitas dan menguasai penggunaan produk teknologi yang digunakan. Produk teknologi yang dapat digunakan oleh peserta didik antara lain; komputer, laptop, netbook dan handpohone seluler.
Baca juga: Manfaatkan Gadget Sebagai Fasilitas Belajar

Peran pendidik dalam BJJ

Metode BJJ akan mengadopsi metode pendidikan jarak jauh. Dalam BJJ, pendidik berperan penting dalam proses belajar mengajar secara daring ini. Pendidik dapat menyampaikan materi pelajaran secara online melalui email masing-masing peserta didik.

Selain itu materi pelajaran juga dapat disampaikan melalui media online yang dimiliki oleh pendidik seperti blog. Begitu pula fitur sosial media Whatsapp juga dapat dimanfaatkan oleh pendidik.

Tentunya, pendidik sangat mengetahui potensi dan karakter peserta didiknya sehingga dapat memberikan materi pelajaran secara online sesuai dengan potensi dan karakter peserta didiknya tersebut.

Pembelajaran online juga memerlukan proses penilaian. Pendidik dapat menyusun soal-soal penilaian dalam bentuk pilihan ganda maupun esei. 

Jika soal-soal penilaian disampaikan melalui blog maka jawaban dari peserta didik bagusnya disampaikan oleh peserta didik melalui akun email pendidik. 

Sedangkan hasil penilaian secara online ini juga ditindaklanjuti dengan mengirim hasil pemeriksaan dan nilai yang diperoleh peserta didik melalui akun email mereka masing-masing.

Blog Matra Pendidikan

Website pribadi atau blog matrapendidikan.com yang anda kunjungi ini sebenarnya juga sudah mencoba menjadi sebuah media untuk menyampaikan materi pelajaran IPA secara online. 

Materi pelajaran IPA tertentu diposting di blog. Selain itu contoh-contoh soal IPA juga ditampilkan sebagai latihan pengguna internet dalam memahami materi pelajaran yang disajikan.

Hanya saja, pemanfaatan blog ini belum dioptimalkan dan prosesnya belum sampai pada tahap evaluasi.  

Menurut hemat penulis, BJJ memang cukup efektif meskipun memiliki kelemahan dalam segi interaksi sosial sebagaimana halnya pembelajaran langsung di ruang kelas.

Namun demikian dalam kondisi tertentu, BJJ dapat dilakukan dengan baik. Peserta didik harus memiliki fasilitas internet dari salah satu produk teknologi berupa komputer, laptop, netbook atau gadget.

Selain itu peserta didik harus memiliki akun email untuk dapat berinteraksi secara online degan pendidik
Di kalangan pendidik sendiri pasti semuanya sudah memiliki akun email sehingga peserta didik perlu mengetahui akun email pendidik untuk memudahkan komunikasi dalam BJJ.

0 Response to "Metode Belajar Jarak Jauh, Efektifkah Buat Peserta Didik?"

Posting Komentar