Tips dan Cara Mempermudah Pembelajaran Online Melalui WhatSapp

Tips dan cara mempermudah pembelajaran online melalui whatsapp – Pembelajaran melalui media daring (online), menyusul penyebaran virus Corona 2019 (Covid-19) memang sudah berjalan sejak beberapa hari lalu. Di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sendiri, pembelajaran online menggunakan fasilitas media sosial.

tips dan cara,ikon wa,pembelajaran online

WhatSapp (WA) adalah satu media sosial cukup populer dan banyak digunakan guru maupun siswa. Guru memberi materi pembelajaran, tugas dan ulangan melalui WA dengan memotret atau men-screenshot materi dan tugas yang akan disampaikan.

Namun masalahnya, tidak semua hasil gambar potret atau screenshoot, jelas dan mudah terbaca oleh siswa.

Ada juga yang memberi materi dan tugas diketik langsung dan diposting. Hanya saja tampilannya tidak teratur dan kurang bagus.

Oleh sebab itu, bagi rekan guru yang kebetulan mengalami masalah tersebut, penulis akan membagi sedikit pengalaman kecil dalam menjalankan pembelajaran online melalui akun WA.
Berikut tips dan cara mempermudah pembelajaran online melalui WA dengan bantuan fasilitas Google Keep.

1.Buka aplikasi Catatan Keep 
Bukalah aplikasi Keep dengan ikon gambar bola lampu pada android.

2.Ketik judul 
Ketik judul materi atau tugas yang akan disampaikan kepada siswa

3.Isi kolom catatan
Pada bagian kolom catatan, tulis kembali judul materi atau tugas yang sudah dibuat pada kolom judul, seperti screenshoot berikut ini!
keep catatan,tulis materi,tugas siswa

4.Sorot semua tulisan
Jika sudah selesai, sorot semua tulisan pada kolom catatan. Caranya, tahan sebentar kursor android dibagian paling awal tulisan. Seret bagian alat sorot sampai memenehuhi semua catatan sampai akhir kalimat. Kemudian klik kata Salin. Sampai disini? Apalagi?

5.Masuk ke halaman WA
Masuk ke halaman WA dimana materi dan tugas tersebut akan diposting. Agar lebih mudah lagi membuka halaman WA, ketuk ikon persegi di sebelah kiri pada bagian terakhir tampilan layar android sehingga muncul tampilan berikut ini!


6.Pilih halaman WA
Jika sudah masuk ke halaman WA, silahkan ditahan kursor pada kolom ketik pesan sehingga muncul tampilan seperti berikut:

tempel,salin,postingan,wa

7.Ketuk Tempel
Silahkan  ketuk kata tempel untuk mempastekan semua tulisan sehingga materi atau tugas yang akan diberikan muncul di halaman postingan. 

8.Posting
Ketuk ikon posting atau terbitkan sehingga terlihat hasil postingan seperti gambar berikut!

tampilan,posting,halaman wa

Bagus dan rapi bukan? Coba bandingkan hasil postingan yang diketik lagsung dengan postingan bantuan aplikasi Keep.
Itulah pengalaman kecil yang dibagikan kepada rekan guru yang mungkin mengalami masalah dalam pemberian tugas secara online melalui WA dengan bantuan fasilitas Keep supaya lebih bagus dan rapi. 

0 Response to "Tips dan Cara Mempermudah Pembelajaran Online Melalui WhatSapp"

Posting Komentar