Problem pada Harddisk Juga Sebabkan Laptop Jadi Hang

Problem pada harddisk juga sebabkan laptop jadi hang – Sebagai salah satu hardware utama, harddisk sering kali mengalami problem yang dapat menyebabkan laptop tiba-tiba hang atau lag. Akan tetapi pada umumnya masalah pada harddisk berawal dari perawatan yang kurang memadai.

laptop hang,harddisk,hardware,overheat
Ilustrasi laptop hang masalah harddisk (pixabay.com)

Ada beberapa masalah pada harddisk yang disebabkan oleh kurangya perawatan seperti serangan virus, kapasitas harddisk, sektor harddisk, usia dan overheat.

Kapasitas harddisk terlalu kecil dan terlalu penuh sering menyebabkan kinerja laptop menurun sehingga berakhir pada hang/lag. Begitu pula serangan virus karena terlalu banyak menginstal aplikasi. Tidak terkecuali dengan bad sector pada harddisk dan karena faktor usia harddisk.

Untuk mengatasi problem pada harddisk dapat anda lakuakan;

1.Upgrade kapasitas harddisk menjadi lebih besar
2.Pastikan kipas internal bekerja secara maksimal
3.Upayakan laptop digunakan dalam waktu yang tidak terlalu lama.
4.Sirkulasi udara saat penggunaan perlu diperhatikan

Yang utama hindari overheat

Pada setiap laptop pastilah sudah disertai dengan sebuah kipas internal. Benda ini difungsikan untuk menjaga suhu pada laptop agar tidak terlalu panas atau overheat.

Hal ini dikarenakan overheat dapat mengganggu kinerja dari harddisk, processor, atau Vga card yang mana berimbas pada menurunnya kinerja laptop tersebut sehingga terjadilah hang/‘Lag’.

Oleh karena itu pastikan bahwa kinerja dari kipas internal pada laptop anda dapat berjalan secara maksimal. Pastikan sirkulasi udara dapat mengalir dengan lancar yaitu dengan cara hindari menaruh laptop pada kasur atau bantal. 

Lihat juga: Kenapa Laptop Hang, Ini Salah Satu Penyebabnya
Pastikan juga areal kipas internal pada laptop anda tidak tersumbat oleh debu yang dapat memperlambat kinerja kipas.***

0 Response to "Problem pada Harddisk Juga Sebabkan Laptop Jadi Hang"

Posting Komentar