7 Tips Jitu Redakan Kebosanan Siswa Belajar Secara Online di Rumah

7 Tips jitu redakan kebosanan siswa belajar secara online di rumah – Akibat penyebaran virus Corona (Covid-19) yang semakin mengkhawatirkan. Pembelajaran di sekolah terpaksa dihentikan sementara dan siswa pindah belajar di rumah dalam waktu yang tidak ditentukan.

siswa,tips dan cara,belajar online,di rumah
Ilustrasi belajar online di rumah (pexels.com)

Siswa tetap belajar dan guru tetap mengajar. Proses belajar dan mengajar berlangsung secara online melalui fasilitas media yang ada semisal WhatSapp.

Namun tidak dapat dipungkiri. Lambat laun situasi dan kondisi yang bersifat rutinitas ini akan memunculkan kebosanan. Tidak hanya bagi siswa bahkan berpeluang juga bagi guru yang mengajar dengan sistem belajar jarak jauh (BJJ).
Perpanjangan pembelajaran daring bukan mustahil berlangsung sampai berakhirnya bulan puasa Ramadhan. Oleh sebab itu, khususnya bagi siswa, memang perlu secara kreatif untuk meredakan kebosan belajar di rumah.

Bagaimana meredakan kejenuhan belajar secara online bagi siswa di rumah? Coba baca tips berikut ini!

1.Mengagendakan tugas

Lho? Apa hubungannya dengan kebosanan belajar di rumah? Tentu saja ada hubungannnya. Mengagendakan setiap tugas yang diberikan oleh guru berarti siswa akan dapat mengatur waktu belajar untuk mengerjakan dan mengirim hasilnya pada guru.

Tindakan ini merupakan langkah awal untuk dapat kreatif mengatasi masalah kebosanan belajar di rumah.

2.Ciptakan tempat belajar yang nyaman

Tempat belajar di rumah ikut memengaruhi semangat belajar.siswa. Menciptakan tempat belajar yang bersih, rapi dan teratur akan mendorong siswa untuk tetap semangat mengerjakan tugas belajar yang diberikan guru.

Oleh sebab itu ciptakan ruangan belajar yang indah, bersih dan rapi.

3.Variasi suasana belajar

Ciptakan variasi cara belajar untuk meredakan kebosanan siswa dalam belajar. Boleh jadi belajar sambil mendengar musik santai. Begitu pula tempat belajar di rumah. Sekali-sekali mungkin belajar di ruang dapur, ruang tengah atau bahkan di teras rumah.

4.Rileks sejenak

Jika siswa mulai agak bosan, itu pertanda siswa perlu rileks sejenak. Jangan paksakan terus belajar. Sebaliknya tinggalkan tugas dan cari suasana baru di luar rumah, seperti di teras rumah, taman atau kebun yang ada di sekitar rumah.

Selain itu mungkin juga siswa perlu tidur-tiduran atau tidur namun jangan terlalu lama. Meluruskan punggung atau tubuh saat rileks penting artinya untuk kebugaran tubuh dan semangat siswa untuk belajar.

Banyak juga yang rileks dengan menonton siaran televisi asal tidak terlalu lama berada di depan televisi. Dapat dikatakan, otak dan jasmani memang perlu untuk rileks meskipun sejenak.

5.Membantu orangtua

Membantu orangtua melakukan pekerjaan ringan di rumah akan menjadi hal mengasyikkan bagi siswa disela-sela waktu belajar. Bagi siswa laki-laki menyapu rumah atau halaman boleh jadi sesuatu yang menyenangkan.

Bagi siswa perempuan, selain menyapu lantai rumah atau halaman, juga membantu dalam  memasak, mencuci alat dapur dan makan yang kotor dan lain sebagainya. Tapi ada juga yang membantu orangtua untuk membuat kue atau masakan utuk keluarga.

6.Tidak keluar rumah jika tidak perlu

Nah, ini tidak asing lagi. Usahakan tidak keluar rumah jika memang tidak ada keperluan. Apalagi keluyuran malam hari atau mengundang hal yang menyebabkan terjadinya keramaian.

7.Dirikan ibadah sholat

Sholat wajib 5 waktu sehari semalam ditambah dengan sholat sunat lainnya seperti shalat dhuha, tahajjut dan lainnya akan dapat meredakan kebosanan siswa dalam belajar di rumah.
Tujuh tips diatas kiranya sudah dapat meredakan kebosanan siswa dalam beraktivitas rutin belajar secara online di rumah. Tentu saja dituntut kreativitas siswa dalam menerapkan tips di atas sehingga tidak bosan belajar dan hari demi hari berlangsung dengan cepat dan tanap terasa.

0 Response to "7 Tips Jitu Redakan Kebosanan Siswa Belajar Secara Online di Rumah"

Posting Komentar