Mencermati Jadwal UN SMPMTs yang Berdekatan Awal Bulan Ramadhan

Mencermati jadwal un smp/mts yang berdekatan dengan awal bulan ramadhan – Seperti sudah diketahui Surat Resmi BSNP NO.0051/P/BSNP/XI/2019, jadwal pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTs berlangsung Senin sd Kamis (20 sd 23 April 2020). Sementara itu UN SMA/MA hari Senin sd Kamis (30 Maret sd 2 April 2020) serta UN SMK Senin sd Kamis (16 sd 19 Maret 2020)

jadwal u,awal ramadhan,1441 h,berdekatan
Ilustrasi UN (doc.matrapendidikan.com)

Jadwal UN untuk SMP/MTs tahun 2020 ini, tentulah menarik untuk dicermati oleh guru maupun orangtua murid. Kenapa menarik?

Awal puasa 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada Hari Jumat, 24 April 2020. Sementara pelaksanaan UN untuk SMP/MTs berlangsung Senin sd Kamis (20 sd 23 April 2020).

Artinya, tidak ada selang hari antara pelaksanaan UN dengan mulainya Puasa di Bulan Ramadhan 1441 H.

UN SMP/MTs pada hari terakhir adalah Kamis 23 April dan selesai sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah itu siswa melepaskan penat dan rileks, sampai sore. Malam harinya, siswa yang  telah menguras otak dan berjibaku menjalani UN akan ikut shalat tarwih malam perdana serta berpuasa esok harinya. Luar bisa!

Anda siswa SMP/MTs yang akan menghadapi UNBK maupun UNKP. Perlu mempersiapkan diri dengan baik. Dan, kegiatan muhasabah yang telah anda ikuti termasuk modal bagus dalam menghadapi UN, begiitu pula dalam menghadapi puasa Bulan Ramadhan bagi siswa muslim.
Sementara itu pihak orangtua murid yang anaknya akan mengikuti prosesi UN dan disambut puasa Bulan Ramadhan. Perlu menyediakan banyak waktu untuk membantu dan membimbing anak dalam menghadapi UN sekaligus puasa di Bulan Ramadhan tersebut.

Sebagai orangtua, kita sudah memahami bahwa anak usia SMP/MTs berada dalam masa transisi atau peralihan sehingga perlu waktu ekstra untuk meghadapi dinamika anak.

Sebagai guru, mungkin tidak perlu lagi mempertanyakan kepada pihak terkait kenapa penyusunan jadwal UN SMP/MTs terlalu berdekatan dengan awal Bulan Puasa Ramadhan.

Seperti diketahui, rentang waktu pelaksanaan UN SMP/MTs terlalu renggang dengan pelaksanaan UN SMK, lebih satu bulan (UN SMK Senin sd Kamis 16 sd 19 Maret). Sementara rentang waktu UN SMK dan SMA/MA hanya lebih kurang dua minggu (UN SMA/MA, Senin sd Kamis 30 Maret sd 2 April 2020).

Jika menyimak dan membandingkan jadwal UN tahun 2019 lalu, rentang waktu UN sekolah menengah atas hanya 18 hari atau lebih kurang 3 minggu. UN SMA berlangsung Senin sd Kamis (1 sd 4 April 2019) sedangkan UN SMP/MTs Senin sd Kmais (22 sd 25 April 2019). Sedangkan awal Puasa, jatuh tanggal 1 Mei 2019.
Terlepas dari jadwal UN SMP/MTs yang berdekatan dengan masuknya bulan Ramadhan. Orangtua maupun guru tentulah berharap agar UN SMP/MTs berjalan lancar dan sukses serta tidak mengalami penundaan menyusul dampak virus Corona (Covid 19). Semoga.

0 Response to "Mencermati Jadwal UN SMPMTs yang Berdekatan Awal Bulan Ramadhan"

Posting Komentar