-->

Guru Blogger 'Sambil Menyelam Minum Air'

Guru blogger 'sambil menyelam minum air' -  Sambil menyelam minum air! Begitulah perumpamaan bagi guru blogger, guru yang juga seorang blogger sehubungan dengan kebijakan pemerintah terkait upaya pencegahan Coronavirus Desease (Covid-19).

guru blogger,mengajar daring,blogging,work from home
Ilustrasi guru blogger (pexels.com)

Guru atau tenaga pendidik merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga mendapat instruksi dari pemerintah untuk bekerja dari rumah (Work From Home), disingkat WFH.

Instruksi tersebut sesuai Surat Edaran Menpan RB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebara nCovid 19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Masa waktu bekerja dari rumah telah diperpanjang sampai 21 april 2020 dimana sebelumnya berlaku hanya sampai 31 Maret 2020..

Sementara sebelumnya juga telah dikeluarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19).

Salah satu poin dalam Surat Edaran tersebut mengatur pembelajaran daring atau jarak jauh. Pembelajaran dari rumah (Learning From Home) disingkat LFH, dimana guru melaksanakan pembelajaran dari rumah secara online.

Bagi guru yang juga seorang blogger, memang ibarat pepatah Sambil Menyelam Minum Air. Kenapa tidak?

Seorang blogger selama ini memang lebih banyak bekerja dari rumah. Blogger yang kebetulan juga seorang guru, tentulah melaksanakan dua aktivitas sekaligus degan adanya instruksi WFH dan LFH. 

Fasilitas yang digunakan juga dua, yaitu komputer dan android. Sebenarnya kedua fasilitas ini sudah digunakan oleh seorang blogger dalam menjalankan  aktivitas blog sehari-hari.

Guru melaksanakan pembelajaran daring dengan menyampaikan materi atau tugas pembelajaran kepada siswa melalui aplikasi seperti WhatSapp dan Google Classroom dan lain sebagainya.

Blogger akan mengupdate postingan setiap hari dan kegiatan ini tidak akan terkendala dengan bertambahnya aktivitas mengajar secara online.

Hanya saja, kuantitas kesibukan guru blogger akan meningkat drastis bagi yang mengajar 24 jam pelajaran perminggu. Boleh jadi kegiatan blogging akan terhenti untuk sementara karena bagaimana pun tugas pokok guru adalah mengajar bukan ngeblog.


Namun guru yang mengajar dengan jumlah jam sedikit, tentu lebih santai dan enjoy melaksanakan kegiatan pembelajaran daring dan blogging. Mengajar tidak terkendala dan blog tidak terlantar. 

Namun yang penting bagi guru blogger adalah bagaimana mengelola waktu antara tugas pokok mengajar dan kegiatan blogging.***

0 Response to "Guru Blogger 'Sambil Menyelam Minum Air'"

Posting Komentar