Hardiknas Tahun 2020, Menjaga Semangat Belajar Siswa

Hardiknas tahun 2020, menjaga semangat belajar siswa – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 2 Mei 2020. Tidak dinyatakan sebagai Hari Libur Nasional kendati diperingati untuk mengenang Hari Lahir Ki Hajar Dewantoro, Bapak Pendidikan Nasional.

logo hardiknas,hardiknas 2020,belajar covid

Peringatan Hardiknas Tahun 2020 ini cukup eksklusif. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hardiknas Tahun 2020 ini akan dilaksanakan dalam suasana keterbatasan.

Pembatasan kegiatan peringatan Hardiknas bertepatan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka pemutusan mata rantai penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19).

Puncak peringatan Hardiknas, sudah pasti tidak dengan menyelenggarakan upacara bendera. Hal ini jelas untuk mencegah berkumpulnya orang banyak pada suatu tempat. Dan ini menjadi bagian kebijakan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Upacara peringatan Hardiknas memang ditiadakan. Namun pemerintah menghimbau agar perinagatan Hardiknas Tahun 2020 ini tetap dilaksanakan dengan kegiatan kreatif di rumah.

Kegiatan kreatif ini dengan tujuan menjaga dan meningkatkan semangat belajar, mendorong pelibatan dan partisipasi publik dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Tentunya sangat beralasan mengapa pemerintah mengangkat tema peringatan Hardiknas, Belajar dari Covid-19. Tema ini akan mengingatkan insan pendidikan untuk dapat mengambil hikmah terjadinya pandemi Covid-19.

Salah satu kegiatan kreatif yang disarankan pemerintah adalah menyaksikan program peringatan Hardiknas, Belajar Dari Covid-19 di TVRI pada Hari Sabtu 2 Mei 2020 pukul 19.00 sd 20.330 Wib.

Para guru terutama guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan PPKn dapat mengadakan lomba kreatif menulis artikel tentang Hardiknas dan belajar dari Covid-19 secara daring.

Akan tetapi semua guru mata pelajaran dapat menugaskan atau melombakan menulis secara online berkaitan dengan Covid-19. Sebab muatan kurikulum pembelajaran selama masa Pandemi Covid-19 telah memuat tentang Pandemi Covid-19 ini.

Intinya, bagaimana para pendidik untuk menstimulan pelajar agar terus menjaga semangat belajar di tengah pandemi Covid-19 melalui pembelajaran jarak jauh. 

Kemudian menghimbau orangtua untu berpartisipasi aktif dalam membimbing dan mendampingi putra dan putrinya belajar di rumah.

0 Response to "Hardiknas Tahun 2020, Menjaga Semangat Belajar Siswa"

Posting Komentar