-->

Luar Biasa! Jika Siswa Tidak Bosan Belajar di Rumah

Luar biasa! Jika siswa tidak bosan belajar di rumah – Program Belajar Dari Rumah (Learning From Home) sudah berlangsung satu bulan. Sampai di minggu ke-5 ini, baru terasa oleh sebagian siswa. Betapa libur sekolah dan belajar di rumah, tanpa batas waktu yang belum dipastikan. Boleh jadi sangat membosankan!

belajar di rumah,tidak bosan,bervariasi
Luar biasa cantik, eh...maksudnya, luar biasa jika tidak bosan belajar (pexels.com)

Belajar di rumah pada mulanya berlangsung secara online. Menggunakan fasilitas smartphone, tablet, laptop atau komputer. 

Kemudian muncul kebijakan belajar dari rumah bersama TVRI. Menonton siaran televisi sambil belajar menurut jadwal yang ditentukan oleh Kemendikbud dan TVRI.

Kemudian siswa dianjurkan dan dihimbau untuk tidak keluar rumah jika memang tidak ada keperluan mendesak pada masa darurat Coronavirus Desease (Covid-19).

Di saat-saat belajar di rumah dan tidak keluar rumah. Baru terasa bahwa belajar di sekolah bersama guru dan berjumpa teman-teman ternyata lebih menyenangkan.

Nah, siswa yang tidak merasa bosan belajar di rumah, luar biasa!

Kebiasaan siswa mengelola waktu, mengatur kegiatan belajar serta aktivitas lainnya di rumah akan dirasakan manfaatnya saat ini. Namun yang tidak biasa akan mengalami kebosanan yang juga, luar biasa!

Mengelola waktu dan kegiatan

Sehari semalam lamanya 24 jam. Sekitar 8 jam digunakan untuk tidur malam. Tidur dimulai pukul 22.00 WIB dan bangun pagi sekitar pukul 05.00WIB.

Delapan belas jam lagi?

Siswa akan melakukan berbagai aktivitas sesuai agenda harian yang telah disusun sebelumnya. Selain belajar dan mengerjakan tugas dari guru, siswa dapat melakukan berbagai aktivitas lain.

Misalnya, beribadah sholat wajib 5 waktu sehari semalam, sholat sunat Dhuha, shalat Tahajjut dan lain sebagainya.

Siswa perlu tidur siang tapi jangan lama-lama. Bermain dan membantu orangtua di rumah. Membantu orangtua di rumah terutama pekerjaan yang ringan seperti memasak, membersihkan rumah dan lain sebagainya.

Mungkin juga sebagian waktu digunakan siswa untuk menyalurkan hobi memasak, membuat kue, menulis, berkebun, memelihara ternak atau beternak dan masih banyak yang lainnya.

Dengan demikian waktu 24 jam akan terkelola dan terisi dengan baik. Namun dalam pelaksanaannya dapat dilakukan secara bervariasi agar tidak monoton. Maka pantas, Siswa tidak bosan, itu sangat luar biasa!***

1 Response to "Luar Biasa! Jika Siswa Tidak Bosan Belajar di Rumah"