-->

Membuat Laman Kelas pada Aplikasi Google Classroom Melalui Android untuk Guru

Membuat laman kelas pada aplikasi google classroom melalui android untuk guru – Sebagai guru mata pelajaran, tentunya Anda melaksanakan pembelajaran secara live (tatap muka) di ruang kelas. Namun karena lain dan sesuatu hal Anda harus melaksanakan pembelajaran daring atau jarak jauh. 

laman kelas,google classroom,matra pendidikan
Laman kelas yang sudah jadi (matrapendidikan.com)

Misalnya karena kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 mengharuskan Anda untuk melaksanakan tugas pembelajaran secara online.

Pembelajaran online akan memerlukan aplikasi dan salah satunya adalah aplikasi Google Classroom (Google Kelas).
Baca : Mengenal Aplikasi Google Classroom 
Nah, pada kesempatan ini akan di-share artikel bagaimana cara dan langkah dalam membuat laman Google Kelas untuk guru melalui android. 

Simak cara dan langkah berikut ini!

1.Download aplikasi Google Classroom melalui android/iOS Anda. Untuk mendapatkan aplikasi ini buka dengan mengetikkan kata kunci Google Kelas atau Google Classroom. Jika sudah ketemu install aplikasi tersebut.

Atau bisa juga membuka https://classroom.google.com pada android Anda jika menggunakan peramban Chrome atau Firefox. Pada android akan muncul tampilan di bawah ini!


2.Ketuk Get Started dan pilih I’m a teacher (jika ada pilihan ini).

3.Buat Kelas dengan cara mengetuk tanda + (Plus) yang terdapat pojok kanan atas dan ketuk Buat Kelas sehingga muncul pop-up seperti berikut


4.Beri centang pada kotak kosong sehingga muncul tampilan selanjutnya seperti berikut ini

5.Isi format di atas sebagai berikut
-Nama kelas (wajib) : (Belajar Online)
-Bagian: (Kelas 9)
-Mata pelajaran : IPA
-Ruang : 9 D

Hasilnya seperti berikut
6.Ketuk Buat dan Laman Kelas Anda  sudah jadi. Jika Anda ketuk header laman Google Kelas maka akan muncul tampilan di bawah ini!

Catatan
-Tampilan Header gambar di atas sudah mengalami editan pada Pilih tema dan upload foto melalui perangkat komputer.
.
-Jika kelas yang Anda kelola 4 kelas maka Anda dapat membuat keempat laman kelas tersebut dengan cara dan langkah yang sama.  

Langkah selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Google Kelas dengan pengaturan berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. Bagaimana cara menggunakan aplikasi Google Kelas akan dibahas dalam artikel selanjutnya.

0 Response to "Membuat Laman Kelas pada Aplikasi Google Classroom Melalui Android untuk Guru"

Posting Komentar