Mengenal Aplikasi Google Classroom

Mengenal aplikasi google classroom – Sudah banyak aplikasi tersedia yang dapat digunakan untuk menjalankan pembelajaran daring (online). Mulai dari yang sederhana sampai aplikasi dengan fitur lengkap. Google Classroom (Google Kelas) menjadi salah satu aplikasi populer menyusul kebijakan pemindahan siswa belajar dari sekolah ke rumah untuk mencegah penyebaran Coronavirus Deseas (Covid-19).

apikasi belajar,google classroom,pembelajaran daring,matra pendidikan

Memang, Aplikasi Google Kelas belum begitu populer di kalangan guru dan siswa pada satuan pendidikan dasar dan menengah pertama.. Oleh sebab itu pada kesempatan ini akan diperkenalkan aplikasi tersebut. 
Google Classroom adalah layanan online gratis bagi siapa pun yang sudah memilki akun google. Jadi, pengguna aplikasi ini harus memiliki akun gmail.

Aplikasi Google Classrooom memungkinkan guru dan siswa dapat terhubung dalam suatu pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Hal ini karena Google Classroom berupa platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh google.

Pada prinsipnya aplikasi ini bertujuan untuk menyederhanakan pembuatan, pendistribusandan penetapan tugas secara online.

Google Classroom terintegrasi dengan Google Drive dalam pembuatan tugas dan distribusi file atau dokumen. Selain itu Google Classroom juga bergabung dengan Google Dokumen, Spreadsheet dan slide untuk menulis. Kemudian Gmail untuk berkomunikasi dan Google Kalender untuk penjadwalan dan penelusuran Google.

Dalam penggunaannya, setiap membuat folder terpisah pada Google Drive masing-masing pengguna. Siswa dapat mengirimkan karya untuk dinilai oleh guru.

Uniknya, Google Classroom juga mendukung aplikasi seluler dimana tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan android.

Dengan dukungan itu, siswa dapat melakukan berbagai aktivitas mengambil foto, dan melampirkan tugas, berbagi file dari aplikasi lain dan mengakses informasi secara offline.

Sebaliknya guru dapat memantau kemajuan setiap siswa dan setelah dinilai guru dapat kembali bekerja, dengan komentar, agar siswa mengedit dan memperbaiki tugas.

Di Google Classroom guru dapat juga memposting pengumuman ke ruang kelas yang telah dibuat dan siswa dapat berkomentar.

Memperoleh Google kelas

Guru maupun murid dapat memiliki Google Kelas dengan menginstal aplikasi di perangkat seluler Android, Aplle, iPhone, iPad atau Chrome OS.

Lihat juga : 7 Tips Jitu Redakan Kebosanan Kebosanan Siswa Belajar Online di Rumah
Untuk menggunakan semua fitur Google Kelas di perangkat seluler download juga  Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide. Namun jika menggunakan komputer tidak perlu menginstall fitur apappun. Artinya, Buka jendela peramban dan log ini ke Google Classroom.

0 Response to "Mengenal Aplikasi Google Classroom"

Posting Komentar