Paket Data Internet Habis, Belajar Dari Rumah Via TVRI Aja

Paket data internet habis, belajar dari rumah via tvri aja – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamis (09/04/2020) telah meluncurkan Program Belajar dari Rumah melalui saluran televisi nasional, TVRI. Program ini dapat disaksikan oleh para siswa di semua jenjang pendidikan Senin besok, 13 April 2020.

logo tvri,belajar tvri,program belajar,dari rumah
Logo baru TVRI (wikipedia.org)

Siswa di jenjang pendidikan PAUD sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat mengikuti program pembelajaran sesuai jadwal tayang yang telah disusun oleh Kemendikbud dan TVRI.

Kebijakan Kemendikbud RI ini juga menjadi solusi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) yang telah dilaksanakan sejak beberapa minggu belakangan.

Siswa maupun guru mengeluh dalam mengakses jaringan internet dan menyediakan paket data internet.

Selain itu, ada juga siswa dan guru yang tidak dapat mengakses jaringan internet karena letak geografis.

Program Belajar Dari Rumah di TVRI sekaligus membantu penyelenggaraan pendidikan bagi semua kalangan masyarakat dalam masa darurat Pandemi Covid-19.

Lantas, apa yang terbayang di pikiran kita ketika Program Belajar dari Rumah (Learning From Home/LFH) ini dilaksanakan?

Ya, setelah beberapa hari lamanya siswa bergelut dengan aktivitas pegang hp di rumah, kini siswa bakal beralih mencari posisi belajar di depan layar televisi.

Budaya nonton televisi kembali marak di kalangan siswa dengan adanya program belajar dari rumah di TVRI ini.

Dana BOS untuk beli paket data internet

Sebelum meluncurkan Program Belajar dari Rumah ini,  pihak Kemendikbud juga telah mengambil inisiatif kebijakan membolehkan kepala sekolah untuk meggunakan dana BOS guna membeli paket internet buat siswa dan guru.

Kebijakan ini perlu panduan atau petunjuk teknis dan aturan lainnya tentang penggunaan dana BOS untuk keperluan pembelajaran daring.
Pandemi Covid-19 telah melahirkan berbagai gagasan dan kebijakan dari pihak terkait. Tujuannya agar pembelajaran tetap berlangsung meskipun dari rumah.

Diperkirakan kombinasi kebijakan pembelajaran daring dan nonton TVRI di rumah menjadi solusi yang baik dan menciptakan pembelajaran bermakna bagi siswa.

Jadwal Program Belajar dari Rumah

Program Belajar dari Rumah di TVRI dimulai pukul 08.00 setiap hari untuk siswa di semua jenjang pendidikan. Memuat materi pembelajaran, bimbingan orangtua dan guru dan tayangan seni dan kebudayaan dalam rangka meningkatkan keterampilan literasi, numerasi dan penumbuhan karakter siswa.

Berikut ini salinan jadwal program belajar dari rumah di TVRI yang dikutip dari portal berita nasional pikiranrakyat.com.

Senin sampai Jumat
08.00 – 08.30 WIB PAUD
08.30 – 09.00 WIB Kelas 1 sd 3 SD
10.00 – 10.30 WIB Kelas 4 sd 6 SD
10.30.– 11.00 WIB SMP
14.00 - 14.30 WIB SMA
14.30 –15.00 WIB Pengasuhan dan pendidikan anak
19.00 - 23.30 WIB Film Indonesia Terbaik

Sabtu sd Minggu
08.00 – 23.30 WIB Tayangan Kebudayaan dan Film Indonesia Terbaik

Selamat mengikuti Program Belajar Dari Rumah via TVRI, Senin (13/04/2020).***

0 Response to "Paket Data Internet Habis, Belajar Dari Rumah Via TVRI Aja"

Posting Komentar