-->

Admin : Singkirkan Rasa 'Takut' dalam Menulis

Admin : Singkirkan rasa ‘takut’ dalam menulis – Rasa ‘takut’ menjadi salah satu musuh seseorang untuk memulai belajar  menulis. Oleh sebab itu langkah utama bagi penulis pemula adalah menyingkirkan rasa 'takut' itu dari dalam dirinya.

admin,matrapendidikan,matra pendidikan,uda awak
Admin matrapendidikan.com (doc.matrapendidikan.com)

Berdasarkan pengalaman emperis admin dalam mengelola web site personal matrapendidikan.com ini selama 7 tahun, paling tidak ada 2 rasa takut yang sering mengurungkan niat penulis pemula untuk memulai menulis, kendatipun memiliki minat untuk menulis.

1.Tulisan tidak berkualitas.

Terlalu banyak mempelajari teori tentang menulis tanpa dibarengi dengan latihan menulis menjadi awal ketakutan memulai menulis bagi penulis pemula.

Mereka khawatir tulisan mereka tidak berbobot dan tidak berkualitas bagi orang lain. Begitu perasaan mereka sendiri.

Juga khawatir tulisan mereka, tidak seperti tulisan orang lain yang dibacanya berkualitas. Was-was tulisan mereka tidak sesuai dengan teori tentang menulis yang mereka pelajari.

2.Ditolak media publikasi

Selain karena ketakutan tulisan mereka tidak berkualitas sebelum menulis juga disebabkan ketakutan ditolak media publikasi. 

Penulis pemula yang rajin membaca tulisan orang lain di suatu media merasa khawatir tulisannya tidak sebagus milik orang lain dan akan ditolak oleh media publikasi tersebut.

Singkirkan rasa ‘takut’ itu dulu

Semua rasa takut dalam memulai menulis harus disingkirkan dulu. Ingat, penulis profesional sekali pun, pada awalnya juga hampir mengalami hal sama dengan anda. Takut tulisannya tidak bermutu dan takut ditolak redaksi media publikasi. 

Mencoba... dan terus mencoba adalah langkah awal bagi pemula yang berminat menulis untuk mengusir rasa takut untuk menulis. 

Mempelajari teori menulis, itu perlu. Namun lebih perlu lagi untuk mencoa menerapkan teori yang sudah diketahui.

Kalau sudah mencoba dan terus mencoba menulis, tentu keberanian itu akan muncul, termasuk mengirim tulisan ke media publikasi tulisan.

Mungkin media publikasi di internet menolak artikel anda untuk yang pertama kali. Kemudian menyarankan anda untuk merevisi tulisan.

Itu artinya kabar baik untuk anda. Kenapa? 

Ada harapan tulisan anda akan diterbitkan jika sudah direvisi. Kecuali pihak media diam saja dan tidak merespon tulisan anda.

Media tulisan bertebaran di internet

Media publikasi tulisan yang memfasilitasi tulisan pemula sudah bertebaran di dunia internet ini. Termasuk web site personal matrapendidikan.com ini.

Sejak di-launching pertama kali 18 Februari 2013 lalu, admin matrapendidikan terus menerima tulisan dari pengunjung. Kebanyakan dari mereka adalah pelajar, mahasiswa bahkan guru dan dosen.

Admin matrapendidikan.com juga siap selalu memfasilitasi penulis pemula untuk menyalurkan minat menulisnya.

Dan terakhir, terima kasih tak terhingga kepada mahasiswa, dosen dan guru yang telah berkontribusi dengan mengirim tulisannya ke blog yang sedang anda kunjungi ini. 

0 Response to "Admin : Singkirkan Rasa 'Takut' dalam Menulis"

Posting Komentar