Strategi Tepat Mendidik Anak Usia Remaja

Strategi tepat mendidik anak usia remaja - Ketika anak beranjak remaja, ia lebih suka bergaul dengan temannya dibanding dengan keluarganya. Terkadang ada rasa gelisah yang menyelimuti para orangtua. Sebab dunia anak zaman sekarang sudah dianggap berbeda.

strategi,mendidik,anak,remaja
Ilustrasi remaja (net/nining)

Apalagi di awal-awal usia belasan adalah momen penting dalam perkembangan fisik dan mental anak. Saat ini mereka memasuki masa pubertas, yaitu masa peralihan anak-anak menuju remaja.

Peranan orangtua saat masa pubertas ini sangatlah penting. Orangtua harus bisa membimbing, mengawasi sekaligus menjadi teman untuk anak, memberikan penjelasan dan pengertian kepada anak tentang bagaimana cara menyikapinya.

Simak beberapa cara berikut yang insyaallah berguna sebagai pembelajaran untuk mendidik anak di usia remaja :

1.Jalin komunikasi intens dengan anak

komunikasi intens,orangtua,anak
Ilustrasi komunikasi orangtua dan anak

Sebuah hubungan dapat berjalan dengan baik, ketika jalinan komunikasinya juga tidak terhambat. Inilah mengapa komunikasi sangat penting dalam mendidik anak. Seharusnya sejak anak masih kecil, orangtua sudah membiasakan diri untuk melakukan komunikasi terbuka dengan anaknya.

Sehingga, ketika ia beranjak dewasa tak akan ada rasa canggung untuk mengatakan semua hal yang dirasakannya. Apalagi bila anak sedang memasuki masa pubertas, orangtua harus tetap mendampinginya dan usahakan untuk tetap dekat dengan anak. Sebab, anak akan butuh penjelasan tentang dirinya yang perlahan-lahan berubah. Terutama segi jasmani dari dalam maupun luar tubuh.

2.Berikan kepercayaan dan tanggung jawab

tanggung jawab,kepercayaan,anak
Ilustrasi kepercayaan orangtua

Peran orangtua memang penting, akan tetapi jangan selalu mengarahkan anak untuk mengikutinya kemauan anda. Biarkan anak untuk mencoba sesuatu atau memutuskan sesuatu untuk dirinya sendiri.

Berikan mereka kepercayaan dan tanggung jawab agar mereka bisa lebih mandiri dan tidak selalu bergantung pada Anda.Hal ini sangat bermanfaat bagi anak ketika sudah dewasa.

Selain memberikan kepercayaan dan tanggung jawab ini, beri juga rambu-rambu yang tidak boleh dilewati si anak. Misalnya mereka boleh pergi bersama teman untuk bermain sampai malam, tapi Anda juga harus memberikan tanggung jawab pada anak untuk pulang tepat waktu. Ini merupakan salah satu cara mendidik anak remaja yang efektif.

3.Ajarkan pendidikan dan pemahaman agama

pendidikan,anak,agama
Ilustrasi ajarkan ilmu agama 

Agama menjadi hal penting bagi keluarga. Terapkan pendidikan agama sedini mungkin agar anak tidak terjerumus pada pergaulan yang salah. Bagaimanapun pendidikan agama adalah pondasi yang kuat bagi karakter seseorang.

4.Batasi penggunaan gadget sejak dini

penggunaan,gadget,anak
Ilustrasi kegiatan bermanfaat

Cara mendidik anak di zamannow selanjutnya yaitu dengan membatasi anak dalam penggunaan gadget, entah itu bermain game ataupun media sosial. Bukan melarang, tetapi hanya membatasi.Berilah waktu dan kesempatan untuk anak berinteraksi dengan keluarga dan juga teman-temanya di lingkungan sekitar.

Ini berarti, anda juga harus menyingkirkan semua gadget saat sedang bersama anak. Jelaskan apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dengan jelas. Berikan batasan yang jelas dan semua dapat dipahami dengan anak. Mereka akan lebih bisa menerima jika aturan yang orangtua buat disampaikan berikut alasan dan penjelasaanya.

5.Jadikan diri anda sebagai teman

anak,sebagai teman
Ilustrasi orangtua sebagai teman

Nah, agar Anda tidak berjarak dengan anak, cara terbaik adalah menjadikan diri Anda sebagai teman, bukan sebagai orangtua. Teman adalah sosok yang akan dicari oleh anak untuk sekadar berkeluh kesah.

Dengan menjadi teman bagi buah hati, Anda dapat melakukan pemantauan, memberikan masukan tanpa terkesan menggurui, dan mengontrol tumbuh kembangnya.  Manfaat lainnya, Anda dan anak akan menjadi lebih dekat karena sering menghabiskan waktu bersama.

6.Jadikanlah diri anda sebagai teladan yang baik untuk anak

orangtua,teladan,anak
Ilustrasi orangtua teladan bagi anak

Orangtua dianggap sebagai pahlawan dan pelindung bagi anak. Mereka akan menirukan setiap perbuatan yang dilakukan oleh orangtua. Mulai dari kebiasaan, bagaimana cara bersikap, hingga ucapan yang digunakan.

Oleh karena itu, cobalah menjadi orangtua yang memberikan contoh baik.Hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat ditiru oleh anak. Ajarkan pula bagaimana sikap dalam menghadapi suatu masalah. Jaga lisan Anda di rumah agar anak tidak mempraktekkannya kepada orang lain.
Begitulah teknik-teknik cara mendidik remaja usia 12 – 20 tahun. Mendidik anak sesuai dengan usianya selalu mendatangkan tantangan tersendiri. Tapi janganlah menyerah untuk bisa menjadikannya sebagai manusia yang baik dan berkualitas. (Kiriman : Nining Qomariyah, Dosen : Ustadz Husna Nashihin)

0 Response to "Strategi Tepat Mendidik Anak Usia Remaja"

Posting Komentar