Cara Paling Realistis Mendapatkan Uang Melalui Blog Buat Pemula

Cara paling realistis mendapatkan uang dari blog buat pemula – Seperti diketahui bahwa saat ini internet telah menyediakan informasi yang beragam dan menyentuh berbagai aspek kehidupan umat manusia. Hal ini akan menjadi salah satu bahan dan sumber belajar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam bisnis online.

cari uang,blog pribadi,blogger pemula
Ilustrasi mencari uang melalui blog (pexels.com)

Semua informasi di internet tersebut, pastinya disebarkan oleh orang-orang pintar dalam mencari, mengolah dan menyajikan gagasan dan informasi melalui media internet tersebut.

Tidak hanya sampai disitu, mereka juga pintar dalam bisnis online dan mencari uang melalui media dunia maya itu. Tidak megherankan jika mereka menerima imbalan dari kegiatan bisnis online

Ada yang menjadikan kegiatan bisnis online sebagai ladang penghasilan tambahan. Dan jangan heran diantara mereka ada yang menjadikannya sebagai penghasilan utama.

Luar biasa!

Dan, tidak tertutup kemungkinannya Anda juga bisa seperti mereka. Banyak media yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Misalnya, Anda minimal memiliki blog pribadi atau web site.

Syaratnya, Anda harus memiliki keinginan yang kuat disertai dengan kemauan belajar dan, tekad untuk bisa! Jika orang lain bisa, kenapa Anda tidak?

Selain itu, Anda juga perlu siap mental. Siap untuk bekerja keras, siap untuk berhasil maupun gagal. Jangan hanya siap untuk berhasil namun tidak demikian bila menghadapi kegagalan.

Pembahasan ini difokuskan pada cara mencari uang melalui blog untuk pemula. Pemula dalam pembahasan ini sudah memiliki blog dan sejumlah konten yang belum menghasilkan apa-apa secara finansial.

A.Optimalkan konten blog

Faktanya banyak yang telah, mungkin Anda diantaranya, mempunyai blog dan mengisinya dengan sejumlah konten. Namun dikemudian hari semangat ngeblog kendor. Bahkan berpikir, apa yang saya peroleh dari kegiatan blogging ini?

blog,optimasi blog,konten blog
Ilustrasi blog (pexels.com)

Blog yang anda kelola tidak menghasilkan apa-apa bahkan telah merongoh kocek anda untuk biaya blogging, seperti beli paket data, akomodasi saat blogging dan lain sebagainya. Akhirnya timbul kejenuhan dan kegiatan blogging menjadi terhenti, blog anda terlantar!

Ingat, Anda mungkin telah banyak berkorban untuk membuat blog dan mengisinya dengan sejumlah konten. 

Maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan blog dan konten yang sudah anda buat!

1.Gunakan Top Level Domain (TLD)
Boleh jadi Anda sebagai pemula masih menggunakan domain gratis. Kini saatnya Anda berpikir untuk menggantinya dengan TLD alias domain berbayar (premium).

Bukan berarti domain gratis tidak bagus namun langkah ini untuk meningkatkan kredibilitas blog Anda di mata mesin pencari maupun pebisnis online.

Jika Anda benar-benar serius mencari uang melalui blog, tak ada salahnya anda mengeluarkan sedikit rupiah untuk menyewa domain minimal dalam jangka 1 tahun.

Untuk keperluan ini Anda disarankan atau direkomendasikan untuk menyewa domain pada penyedia jasa domain semisal Niagahoster. Disini, Anda bisa mendapatkan  shared hosting dengan harga terjangkau, layanan cloud hosting terbaik, dan VPS Indonesia termurah

Apa kelebihan dan keistimewaannya Anda boleh langsung menuju layanan hosting dan domain Indonesia tersebut.

2..Menulis konten memadai dan banyak dibutuhkan
Sebagai pemula memang Anda perlu banyak belajar cara membuat konten yang dibutuhkan orang. Seperti disinggung pada awal tulisan ini, internet banyak menyediakan informasi termasuk informasi untuk berbisnis online.

Jika Anda sudah bisa mereka-reka konten yang banyak dibutuhkan orang (sesuai tema blog Anda), selanjutnya buatlah konten itu dengan enjoy dan mudah dibaca. 

Tulislah setiap konten dengan bahasan yang cukup memadai. Misalnya, miimal 300 sampai 500 kata saja. Itu sudah cukup memadai bagi Anda pemula.

Usahakan menyediakan konten yang menurut anda berharga bagi orang lain. Kemudian lakukan update konten secara berkala. 

Jika Anda lakukan itu maka blog anda akan berkembang dari hari ke hari. Dan ini akan sejalan dengan perkembangan trafik pengunjung blog Anda..

3.Pelajari cara mendatangkan banyak pengunjung
Konten yang Anda buat sudah pasti bukan untuk anda baca sendiri melainkan dibaca oleh orang banyak. Pengunjung yang banyak tidak datang dengan sendirinya.

Jangan Anda berdiam diri dan berpikir, jika jumlah konten sudah banyak lantas pengunjung akan datang sendiri ke blog Anda. Tidak. Anda berusaha terus mempelajari cara mendatangkan banyak pengunjung ke blog.

Ruhnya dalam berbisnis online, mendatangkan uang di internet melalui blog adalah trafik pengunjung!

Oleh sebab itu pelajari cara mendatangkan banyak pengunjung pada blog-blog lain. Ini penting bagi Anda dan suatu saat anda sudah terbiasa untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Kuncinya adalah bagaimana pengunjung datang ke blog Anda melalui mesin pencari yang ada, seperti google, yahoo, bing dan lain sebagainya. 

Dengan mengetikkan dua atau lebih kata kunci tertentu pada kolompencarian search engine, mereka akan menemukan konten anda pada halaman pertama mesin pencari tersebut. Minimal konten anda berada di halaman kedua mesin pencari.

4.Promosikan konten anda melalui media sosial
Langkah yang tak kalah penting dalam mengoptimalkan blog adalah mempromosikan konten Anda melalui media sosial yang ada.

Jika mereka tertarik maka akan datang sebagai pengunjung dari media sosial.

Mungkin anda banyak mempunyai teman di facebook. Manfaatkan ini dengan cara membuat laman fans facebook dimana akan mengantarkan mereka ke blog Anda. Setiap memposting konten silahkan di-share ke facebook atau media sosial lainnya yang Anda miliki.

Selain itu setelah membuat dan menerbitkan konten silahkan submit ke berbagai mesin pencari seperti google, bing dan yahoo.

B.Memilih cara menghasilkan uang

Anda sudah mengoptimalkan blog dan konten blog. Kini gilirannya Anda memikirkan bagaimana blog Anda dapat menghasilkan uang.

pilih cara,menghasilkan uang,blog pribadi
Ilustrasi hasilkan uang dari blog (pixabay.com)

Memang, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang dari blog. Namun bagi seorang pemula tidak selalu semua cara itu dapat dilakukan dengan mudah.

Oleh sebab itu pilihlah cara yang paling realistis, dalam pengertian dapat Anda terapkan. Jangan tergiur oleh cara menghasilkan uang banyak namun tidak mungkin atau sulit Anda lakukan melalui blog Anda.

Usahakan tidak memilih atau meniru cara yang dilakukan orang lain. Kenapa? Karakter Anda dan blog Anda belum tentu sama dengan orang lain tersebut. Anda yang lebih tahu karakter Anda dan blog yang anda kelola.

Kesimpulannya, pilihlah cara yang mudah menurut Anda sendiri, juga cukup realistis dan nyaman sehingga Anda tidak akan mengalami kekecewaan dikemudian hari.

Nah, menurut pengalaman penulis ada 3 cara paling realistis untuk mendapatkan uang dari blog bagi Anda pemula.

1.Menjadi penayang iklan mandiri
Jika trafik pengunjung blog anda sudah memadai untuk mendapatkan uang dari blog maka cara realistis yang pertama adalah menjadi penayang iklan mandiri.

Untuk itu Anda harus menyediakan ruang (space) untuk pemasangan iklan mandiri tersebut pada laman blog Anda.

Ruang iklan yang anda tawarkan harus dilengkapi dengan penjelasan yang dimuat pada laman statis tentang penjelasan, tata cara, persyaratan serta ketentuan lainnya dalam memasang iklan di blog anda.

Pada bagian penjelasan pemasangan iklan, boleh anda gambarkan keadaan blog anda misalnya tema pembahasan, statistik data pengunjung dan sebagainya.

Tawarkan kepada pengunjung untuk memasang pada bagian header, sidebar ataupun dalam artikel. Jenis iklan juga demikian. Tawarkan untuk iklan banner (gambar) dengan ukuran bervariasi, seperti 920 x 90, 300 x 250, 336 x 280, 600 x 300 dan tergantung tampilan blog anda.

Tidak tertutup kemungkinannya bagi Anda untuk menawarkan pemasangan iklan teks. Begitu pula masalah harga  atau biaya pemasangan iklan sesuai dengan keinginan anda.

Meskipun demikian Anda perlu melirik biaya yang ditawarkan oleh blog sahabat anda. Tujuannya untuk memperkirakan harga yang pantas untuk pemasangan iklan di blog anda.

Harga pantas ini antara lain trafik pegunjung blog. Semaikin tinggi ttrafik semakin tinggi pula harga tawaran anda kepada pengunjung. Untuk blog pemula 1000 visitor perhari sudah termasuk tinggi.

Setelah menyediakan space iklan, Anda perlu menerapkan sistem jemput bola. Maksudnya, tawarkan blog Anda kepada dunia usaha untuk mempromosikan produk barang dan jasa melalui email, facebook, twitter, instagram dan media sosial lainnya.

2.Menulis artikel review
Selain menjadi penayang iklan mandiri, cara paling realistis mencari uang di blog adalah menulis artikel review suatu produk, barang jasa, layanan dan usaha. Penulis artikel dapat menulis di blognya sendiri atau dimuat di blog pemilik produk.

Hampir sama dengan penayang iklan, anda juga perlu membuat suatu halaman khusus tentang peluang kerja sama dalam bentuk penulisan artikel review.

Mengenai ketentuan artikel Review dapat anda buat sendiri dalam halaman khusus. Misalnya ketentuan panjang artikel, link artikel tujuan sampai ke harga.

Jasa review boleh jadi menjanjikan bagi anda dalam mencari uang di blog. Pemilik produk akan membaca artikel-artikel dan mengecek trafik blog Anda. 

Bila mereka berminat mereka akan menawarkan kepada anda untuk bekerja sama dalam penempatan konten (content-placement).

Apakah pemilik usaha/produk yang membuat atau anda sendiri yang menulis artikel review, tidak menjadi masalah. 

Tergantung permintaan si pemilik produk. Jika pemilik produk yang meminta Anda menulisnya sendiri, tentu harganya lebih tinggi dibanding disediakan olejh pemilik produk.

3.Penayang iklan PPC
Cara mendapatkan uang dari blog berikutnya, bekerja sama dengan pihak ketiga, menjadi publisher (penayang iklan) PPC. Untuk pilihan ini, banyak yang menyukai google adsense, meskipun ketentuan dan aturan menjadi publisher saat ini semakin tidak mudah.

Untuk menghasilkan uang dari blog, bekerja sama dengan google adsense, memang harus mendaftar sebagai publisher adsense terlebih dulu.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan pihak google adsense, disarankan Anda tidak memasang iklan mandiri atau iklan lainnya ketika mendaftar sebagai publisher.

Alasannya, dalam tahap review, google adsense lebih selektif meilih blog partner sebagai penayang iklan. Tunjukan bahwa Anda hanya fokus menjadi publisher adsense.

Kesimpulan

Anda pemula dalam dunia blogging, sudah memiliki blog dan diisi dengan sejumlah konten,, tentu bisa menghasilkan uang dari blog Anda tersebut. Cara yang Anda lakukan adalah mengoptimalkan blog dan konten blog Anda. Kemudian memilih cara paling mudah dan realistis menurut anda. Terima kasih, semoga sukses!***

2 Responses to "Cara Paling Realistis Mendapatkan Uang Melalui Blog Buat Pemula"

  1. Menjadi blogger harus siap mental. Bermain blog pastinya akan menghadapi dengan pembaca yang kadang beda pendapat.
    Blog saya masih mengandalkan iklan mandiri, tapi lumayanlah.
    Promosikan di media sosial, agar lebih dikenal orang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mantap mas. Iklan mandiri juga cukup menjanjikan apalagi trafiknya memadai. Ya, namanya khalayak ramai apalagi di dunia maya, beda pendapat itu pasti terjadi. Saya juga mengalami hal sama namun siap mental seperti kata mas Djangkaru katakan.

      Hapus