Jangan Stres dan Beri Banyak Tugas pada Siswa

Jangan stres dan beri banyak tugas pada siswa – Guru dan orangtua jangan stres. Begitu kira-kira, tips pertama yang disampaikan oleh Nadiem Makarim, Mendikbud RI. Hal itu diutarakannya saat merayakan Hardiknas 2020 dalam Acara yang bertajuk Belajar Dari Covid-19 yang disiarkan salah satu stasiun TV Nasional.(harianhaluan.com)

tips,nadiem makarim,hardiknas,jangan stres
Mendikbud RI Nadiem Makarim (detik.net)

Sementara itu Plt. Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hamid Muhammad, dalam konfrerensi pers menyorot keluhan para siswa dan orangtua siswa akan tugas yang diberikan guru selama proses belajar siswa di rumah.

Koreksi dan evaluasi

Seperti diketahui bahwa Nadiem Makarim telah menyampaikan 7 tips selama pembelajaran daring dalam masa Pandemi Covid-19. Mendikbud RI menempatkan tips pertama dengan mengingatkan para guru dan orangtua jangan stres.

Disinyalir masih ada guru maupun orangtua siswa yang belum familiar dengan teknologi dan produknya yang berkaitan dengan fasilitas belajar online.

Dalam kondisi seperti ini, mau atau tidak, guru dan orangtua harus belajar dan mampu beradaptasi dengan produk teknologi yang digunakan dalam pembelajaran daring.

Justru pada masa ini pulalah, Belajar Dari Covid-19, guru dan orangtua mempunyai kesempatan untuk belajar menguasai produk teknologi yang digunakan pembelajaran daring dalam masa Daruta Pandemi Covid-19.

Dapat kita pahami apa yang disampaikan oleh Mendikbud bahwa dengan adaptasi dan penguasaan terhadap produk teknologi menjadi langkah penting dalam menciptakan pembelajaran online yang efektif dalam masa darurat Pandemi Covid-19.

Memang tak dapat dielakkan, pembelajaran daring akan berujung pada penumpukan materi dan tugas yang disampaikan kepada siswa. Terutama siswa pada jenjang pendidikan SMP dan SMA.

Hal tersebut disikapi oleh Plt. Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI. Masih sering dikeluhkan oleh siswa dan orangtua siswa perihal banyak tugas yang diberikan guru melalui daring.

Dapat juga dipahami harapan Plt. Dirjen bahwa pemberian tugas oleh masing-masing guru perlu dikoordinasikan kembali antara kepala sekolah dan guru.

Begitu pula masalah tenggat waktu pemberian tugas yang terlalu mendesak agar dipertimbangkan kembali.

Guru tidak memberi tugas terlalu berat dan banyak kepada siswa serta memberi tenggat waktu yang cukup kepada siswa.

Bagaimana pun, pembelajaran daring dalam masa Pandemi Covid-19, haruslah berorientasi pada bagaimana semangat belajar siswa tidak kendor. 
Lihat juga : Catatan Kecil Evaluasi Diri Pelaksanaan Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19
Pembelajaran daring melalui strategi dan aneka metode akan mengantarkan pembelajaran online yang efektif. Inilah yag perlu dievaluasi oleh semua guru sehingga pembelajaran online tetap berjalan sesuai harapan ***

0 Response to "Jangan Stres dan Beri Banyak Tugas pada Siswa"

Posting Komentar