Kangen Mengajar Siswa di Ruang Kelas, Pendam Aja Dulu!

Kangen mengajar siswa di ruang kelas, pendam aja dulu – Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru tentunya sudah kangen untuk mengajar kembali di sekolah seperti sedia kala. Berinteraksi dengan siswa dalam pembelajaran di ruang kelas. 

guru,kangen mengajar,ruang kelas
Ilustrasi kangen mengajar siswa di ruang kelas (pexels.com)

Kadang-kadang harus menghadapi suasana kelas yang dihuni oleh siswa dimana kadang-kadang dicap sebagai anak nakal namun menggemaskan.

Tapi disinilah terselip nilai-nilai kebahagiaan yang dirasakan kelak dikemudian hari.

Sudah begitu lama rasanya mengajar siswa dari jarak jauh. Jika Anda rasakan nyaman mengajar secara online karena Anda sangat menguasai teknologi yang digunakan dalam pembelajaran.

Namun lebih nyaman mengajar secara langsung dan bertatap muka dengan siswa di ruang kelas. Sebab, nilai interaksi sosial dan humanis dalam pembelajaran rill inilah yang selalu membahagiakan guru.

Disisi lain guru juga memahami bahwa kesehatan guru dan siswa lebih penting di tengah wabah virus Corona, virus berbahaya dan mematikan.

Bagaimana pun proses pendidikan anak tidak boleh terhenti oleh penyebab apapun. Oleh sebab itu kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran melalui media daring adalah salah satu solusi yang dinilai tepat.

Sampai kapan mengajar secara online?

Entahlah!

Namun yang pasti, pembelajaran jarak jauh akan tetap berlanjut. Rasa kangen untuk mengajar  siswa secara langsung di ruang kelas, terpaksa dipendam saja dulu rapat-rapat.

Semula memang ada harapan untuk memulai pembelajaran di sekolah. Namun hal itu dalam konsep new normal dengan mengikuti protocol kesehatan.

Harapan untuk mengajar secara offline itupun melayang.

Pemerintah kembali memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB). Di Sumatera Barat, PSBB jilid 3 ini akan berlaku sampai 7 Juni 2020.

Sementara itu pihak pemerintah pusat melalui Kementerian PAN dan RB telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 57/2020 untuk perpanjangan masa Work From Home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sampai 4 Juni 2020.

Alhasil, guru dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya bakal melanjutkan rutinitas pekerjaannya di rumah dalam platform Work From Home (WFH). Guru pun kembali harus mengajar dari rumah dan siswa belajar dari rumah.

Meskipun harus memendam rasa kangen untuk mengajar di ruang kelas. Tentunya guru tetap berupaya menciptakan pembelajaran jarak jauh yang bermakna.

Salah satu upaya kearah itu adalah menciptakan suasana pembelajaran daring yang lebih berorientasi pada interaksi sosial melalui media yang digunakan.

Hubungan guru dan siswa tidak hanya sebatas antara pemberi dan penerima tugas dalam pembelajaran.


Memang diakui, tidak mudah untuk menerapkan ini. Namun setidak-tidaknya, guru sudah belajar dan memahami kendala yang dihadapi dalam menjalankan pembelajaran daring selama dua bulan terakhir. Sekaligus juga menemukan solusi dalam mengatasi masalah tersebut.***


0 Response to "Kangen Mengajar Siswa di Ruang Kelas, Pendam Aja Dulu!"

Posting Komentar