Lagi-Lagi Tentang Kelulusan Siswa di Sekolah

Lagi-lagi, tentang kelulusan siswa di sekolah – Kebijakan pendidikan dalam masa darurat Covid-19 telah mempermudah proses kelulusan siswa pada satuan pendidikan (sekolah). Hal ini dapat kita simak pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona.

kelulusan siswa,nilai rapor,ujian sekolah

Ujian Sekolah dilaksanakan tanpa mengumpulkan siswa di sekolah. Carannya adalah melaksanakan ujian sekolah dalam bentuk secara online.

Tentu saja hal tersebut dilaksanakan jika infrastruktur dan sumber daya manusia di sekolah memungkinkan untuk ujian sekolah dalam bentuk tes seperti tes daring dan /atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

Ujian sekolah tidak selalu dalam bentuk tes melainkan juga dapat diganti dalam bentuk lain seperti portofolio nilai rapor, prestasi belajar siswa sebelumnya dan penugasan.

Dalam butir 3 (b) SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 menyebutkan bahwa ujian sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh siswa sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

Sedangkan butir 3 (c) SE dimaksud juga menyebutkan bahwa Ujian Sekolah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

Tentu saja sekolah tidak perlu memaksakan diri untuk melaksanakan Ujian Sekolah dalam bentuk online jika infrastruktur dan sumber daya tidak memungkinkan.

Bagi sekolah yang belum melaksanakan ujian sekolah, menentukan kelulusan siswa dapat menggunakan nilai rapor serta prestasi belajar sebelumnya.

Misalnya untuk siswa jenjang pendidikan SMP/Sederajat dapat menggunakan nilai 5 semester terakhir sebagai penentu kelulusan siswa.
Lihat juga : Penting! Kelulusan Siswa Ditentukan Melalui Portofolio Nilai Rapor dan Hasil Belajar Daring
Sedangkan nilai semester genap untuk kelas 9 SMP/Sederajat dapat digunakan sebagai tambahan nilai untuk kelulusan siswa dimaksud.***

0 Response to "Lagi-Lagi Tentang Kelulusan Siswa di Sekolah"

Posting Komentar