Lebaran Istimewa

Lebaran istimewa – Mungkin, lebaran tahun ini paling istimewa! Paling tidak sejauh yang saya ketahui dan jalani selama ini. Kenapa tidak? Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H dirayakan dalam suasana social distancing dan physical distancing.

lebaran istimewa,virus corona,covid-19
Ilustrasi lebaran (pixabay.com)

Masing-masing individu saling menjaga jarak sosial dan jarak fisik. Mencegah penyebaran Coronavirus desease (Covid-19). Komunikasi dilakukan melalui media sosial seumpama facebook, twitter, whatsapp, blog dan lainnya.

Stay At Home menjadi konsep yang diterapkan oleh setiap individu. Bekerja dari rumah (Work From Home) dan belajar dari rumah (Learning From Home). Dilakukan melalui media daring maupun tanpa media jaringan.

Keluar rumah mengenakan masker pelindung jika ada keperluan penting, termasuk melaksanakan shalat ied di masjid atau surau. Walau tak sempat melaksanakan shalat tarwih dan witir di tempat ibadah namun tetap pergi shalat ied.

Secara fisik, mungkin tidak ada suasana serba baru, seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya. Banyak yang sengaja tidak membeli pakaian baru. Mengingat kondisi perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

Tradisi sambut lebaran di kampung juga tidak semuanya dapat dilaksanakan. Membuat lemang, kue lebaran dan penganan lainnya. Mungkin karena khawatir tidak ada tamu yang akan berkunjung dan bersilaturrahmi ke rumah secara langsung.

Meskipun demikian kondisi selama bulan Ramadhan sampai di hari yang fitri ini. Di batin tentunya tetap merasakan indahnya suasana lebaran.

Lebaran terasa indah karena telah berhasil menunaikan ibadah puasa Ramadhan di tengah pembatasan sosial dan fisik.

Pembatasan sosial dan aktivitas lainnya di tengah menunaikan ibadah puasa adalah bentuk ujian dari Allah SWT. Tentu saja semua itu menjadi pemberi nilai tambah terhadap ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Hasil ujian selama bulan Ramadhan, tentulah menjadi bekal untuk menjalani kehidupan setelah lebaran. Nilai-nilai ibadah yang diperoleh selama Ramadhan akan mewarnai kehidupan setelahnya meskipun tidak diketahui entah kapan wabah Covid-19 ini berakhir.
Maka wajarlah dikatakan, lebaran tahun 1441 H ini menjadi sangat istimewa. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Maaf Lahir dan Batin.***

0 Response to "Lebaran Istimewa"

Posting Komentar