-->

Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer dan Menjawab Soalnya Dengan Mudah

Membaca hasil pengukuran mikrometer dan menjawab soalnya dengan mudah – Salah satu keterampilan yang diperlukan dalam hal pengukuran terhadap suatu benda adalah keterampilan membaca hasil pengukuran.

Nah, dalam soal ujian biasanya disajikan gambar hasil pengukuran dengan suatu alat. Dan siswa perlu memperhatikan dan membaca hasil pengukuran tersebut dengan teliti agar tidak keliru dalam memilih option jawaban yang benar.

Selain keterampilan membaca skala juga memahami ketelitian alat yang dipergunakan dalam pengukuran. Oleh sebab itu tandai benar alat apa yang digunakan pada gambar soal. Misalnya mikrometer sekrup maka tandai bahwa ketelitian alat ini adalah 0,01 mm. Oke?

Nah kali ini kembali diuji ketelitian siswa dalam membaca skala hasil pegukuran suatu benda dengan menggunakan alat ukur mikrometer sekrup.

Perhatikan gambar berikut ini!

pengkuran benda,mikrometer sekrup,hasil pengukuran

Gambar di atas adalah hasil pengukuran terhadap ketebalan benda yang dilakukan oleh siswa dengan menggunakan alat ukur mikrometer sekrup. Ketebalan benda adalah…mm.

A.6,34
B.6,35
C.6,50
D.6,84

Pembahasan

Perhatikan skala dan angka pada lengan mikrometer sekrup, yaitu angka 6 dan lebih 0,5 sehingga menjadi angka 6,5. Jika siswa teliti membaca ini maka dengan cepat akan menangkap bahwa option (pilihan) jawaban A (6,34) dan B (6,35) salah, karena dibawah nilai 6,5 mm. 

Supaya cepat jangan lagi dilirik option A dan B ini. Sekarang fokus saja pada option jawaban C dan D.

Bagimana pilihan jawaban C (6,50)? Sudah pasti salah juga. Kenapa? Pada skala lengan mikrometer sudah pasti lebih dari angka 6,5. Kalau begitu, siswa sudah tahu, pasti option D yang benar jawabannya.

Namun demikian bagi siswa yang belum paham atau dapat menangkap penjelasan di atas dengan cepat, ikuti cara membaca hasil pengukuran mikrometer berikut ini.

Skala dan angka pada lengan mikrometer sudah jelas angka 6,5. Sekarang perhatikan skala putar dan angkanya. Skala yang berdempet atau segaris adalah skala ke-34 (dibawah angka 35). 

Pada lengan mikrometer sekrup terbaca angka 6,5 dan skala lengan putar 34. Maka hasil pengukurannya adalah 6,50 mm + (34 x 0,01 mm).= 6,50 + 0,34 mm = 6,84 mm. (0,01 adalah ketelitian mikrometer sekrup).

Jadi, hasil pengukuran menggunakan mikrometer sekrup adalah 6,84 (D).
Lihat juga soal: Cara Membaca Skala Mikrometer Sekrup

Mudah bukan? Jika siswa ketemu soal seperti ini dalam ujian maka dengan gampang menjawabnya. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer dan Menjawab Soalnya Dengan Mudah"

  1. Dilihat dengan seksama pasti sudah tahu jawabannya
    Memang harus teliti melihat gambar soalnya

    BalasHapus