Membiasakan yang Tak Biasa di Era New Normal

Membiasakan yang tak biasa di era new normal – Masyarakat Indonesia akan memasuki suatu era baru, yang populer disebut New Normal.  Era dimana masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam beraktivitas di tengah pandemi virus Corona

era,new normal,masker,cuci tangan,jarak aman
Mengenakan masker pelindung di era new normal (doc.matrapendidikan.com)

Era New Normal dipicu oleh penyebaran wabah virus Corona yang tak kunjung reda dan... entah kapan berakhirnya!

Pada awalnya hampir seluruh aktivitas dipindahkan ke rumah. Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. 

Namun ternyata semua itu mendatangkan dampak yang kurang menguntungkan terhadap berbagai lini kehidupan masyarakat.

Virus Corona sangat berbahaya dan mematikan. Namun demikian tidak membuat masyarakat jadi takut dan berdiam diri begitu saja. Apalagi sejak pemerintah mengeluarkan protokol kesehatan dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Di era new normal, masyarakat akan hidup ‘berdampingan’ dengan virus Corona. Namun demikian selalu mengikuti protokol kesehatan. 

Misalnya selalu mengenakan masker jika keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak aman.

Mengenakan masker jika bepergian menjadi hal biasa di era new normal ini. Kebiasaan ini yang semula tidak biasa, kini dianggap menjadi biasa.

Tidak lagi menjadi hal ganjil atau aneh jika ada orang yang selalu mengenakan masker beraktivitas di luar rumah.

Yang aneh justru sebaliknya, tidak mengenakan masker di luar rumah dan berada di tempat umum. Aneh karena tidak mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.

Mencuci tangan sampai bersih dengan sabun atau hand sanitizer setelah kembali dari bepergian. Mungkin dianggap selama ini hal yang tak biasa oleh sebagian orang. Namun di era new normal hal itu akan menjadi hal biasa.

Tak biasa di tempat umum selama ini, seperti di kantor-kantor atau pasar dan tempat lainnya dilihat ada sarana pencuci tangan di depan tempat pelayanan itu. Namun kini hal itu menjadi pemandangan biasa.  

Menjaga jarak aman minimal 1,5 meter dalam pergaulan sosial sehari-hari tidak lagi dianggap sebagal hal yang tidak biasa. Di era new normal orang akan menganggapnya hal biasa apalagi saat ini didukung oleh fasilitas komunikasi yang serba canggih.

Orang dapat berkomunikasi dari jarak jauh melalui fasilitas telepon dan video call. Dari suatu rumah ke rumah tetangga sebelah, meskipun berjarak 5 langkah, dapat berkomunikasi sosial melalui fasilitas yang ada (?)
Jadi, di era New Normal orang akan membiasakan hal yang tidak biasa dalam kehiidupan sehari-hari dalam konteks pencegahan penyebaran virus Corona sesuai protokol kesehatan.***

1 Response to "Membiasakan yang Tak Biasa di Era New Normal"

  1. Menjaga jarak aman dan kenakan masker
    Harus menjadi kebiasaan, demi terhindar dari virus corona.

    BalasHapus