-->

Mengenal Asteroid dan Kedudukannya dalam Tata Surya

Mengenal asteroid dan kedudukannya dalam tata surya – Materi pelajaran IPA di SMP/MTs berkaitan dengan Tata Surya akan menjadi menarik untuk dipelajari siswa. Apalagi akhir-akhir ini orang khawatir dengan adanya isue asteroid yang akan menabrak bumi, khususnya antara tanggal 7 sampai 9 Mei 2020 lalu.

asteroid,ceres,benda langit,tata surya
Asteroid Ceres yang dilihat melalui wahana antariksa 2015 (wikipedia.org)

Pembahasan asteroid kali ini adalah kajian dalam aspek materi keilmuan pelajaran IPA di jenjang SMP/MTs. Khusus bagian materi asteroid ini, dirasa masih sedikit informasi yang tersaji dalam buku panduan siswa.

Seperti diketahui tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan benda-benda langit lainnya yang beredar mengelilinginya. Benda-benda langit lainnya dimaksud adalah planet, komet, asteroid dan meteorit.

Sekilas mengenai asteroid yang lagi ngetop

Asteroid adalah sekumpulan benda langit yang mirip dengan planet-planet. Kumpulan asteroid ini berada antara orbit planet Mars dan Yupiter. Asteroid disebut juga planetoid atau planet kerdil.

Jumlah asteroid diperkirakan 100 ribu buah. Asteroid yang terbesar dan yang pertama kali ditemukan adalah Ceres. Ditemukan oleh Giussepe Piuzzi (Astronom Italia) pada tanggal 1 Januari 1801.

Material asteroid ini berupa batu dan ber-es dengan diameter 950 kilometer. Massa total asteroid 2,4 x 1021 sampai 3,9 x 1021 kg. Jumlah ini mendekati 1/25 massa bulan atau 1/2500 massa bumi.

Sementara itu asteroid lain adalah Icarus, salah satu asteroid yang pernah mendekati bumi dengan orbit yang berbentuk lonjong.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologio astronomi telah mengantarkan kita untuk mengetahui banyak nama asteroid. 

Termasuk saat ini 7 nama asteroid yang sangat populer . Asteroid ini bergerak dengan gerakan dan orbit menuju bumi. 

Boleh jadi arah orbitnya ini akan membuat orang berasumsi bahwa asteroid akan menabrak bumi. Tentu saja asumsi tersebut juga dibantah dalam konteks keilmuan astronomi.

Seperti dikutip dari cnnindonesia.com, LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) mengatakan ada 7 asteroid yang akan mendekati bumi berdasarkan tabel data Near Earth Object Studies (CNEOS) dari NASA

Grup Asteroid Apollo akan mendekati bumi pada tanggal 7 hingga 9 Mei 2020. Grup apollo ini memiliki diameter antara 16 meter hingga 470 meter. 

Ketujuh nama asteroid yang ngetop tersebut adalah: 2009 XO, 2020 JE, 2020 JF, 2020 HM4, 2016 HP6, 2020 HB6 dan 2020 HC6.

Paling fenomenal adalah asteroid 2009 XO yang berukuran 210 sampai 470 meter, lebih besar dari diamter asteroid lainya. 

Asteroid 2009 XO ini akan mendekati bumi pada jarak 3,4 juta kilometer dengan kecepatan 12,78 kilometer perdetik, lebih cepat dari asteroid 2016 HP6.

Demikian sekilas pengenalan terhadap asteroid sebagai salah satu kelompok benda langit yang beredar mengililingi mataharti sebagai pusat tata surya.

0 Response to "Mengenal Asteroid dan Kedudukannya dalam Tata Surya"

Posting Komentar