Panduan Cara Membuat Presensi Online Menggunakan Google Formulir

Panduan cara membuat presensi online menggunakan google formulir – Sampai saat ini insan pendidikan di negeri tercinta Indonesia masih terjebak dalam situasi dan kondisi ketidakpastian. Wabah Coronavirus Desease (Covid-19) masih membayangi sampai saat ini dan entah kapan akan berakhirnya.

membuat presensi,presensi online,absensi,google formulir
Laman Presensi Siswa (matrapendidikan.com)

Guru sebagai bagian dari insan pendidikan semakin dituntut untuk meningkatkan kompetensi dirinya. Membekali diri dengan kemampuan mengajar sistem daring (dalam jaringan) yang menjadi flatform utama pembelajaran pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (SBB).

Pada awal pemberlakuan pembelajaran daring, guru mengajar jarak jauh menggunakan media sosial seperti WhatSapp. Aplikasi WhatSapp memang sudah familiar di kalangan guru dan siswa. Namun tidak jarang mengalami kendala dalam pelaksanaannya.

Selain itu guru juga telah melaksanakan pembelajaran online menggunakan aplikasi yang ada seperti Quizizz dan Google Classroom.

Hmmm, rasanya kurang lengkap dalam menjalankan pembelajaran daring tersebut tanpa mengetahui kehadiran siswa meskipun mereka belajar di rumah masing-masing. 

Nah, untuk melengkapi hal tersebut akan disajikan panduan membuat presensi siswa secara online.

Jika Pembelajaran Online menggunakan Aplikasi Quizizz dan Aplikasi Google Classrooom maka Presensi siswa menggunakan fitur lainnya yaitu Google Formulir.

Ikuti panduan ini tahap demi tahap sehingga rekan guru bisa membuat laman presensi siswa secara online!

1.Akses url berikut; https://drive.google.com dan masuk dengan akun google Anda. Jika anda sudah pernah menggunakan google drive sebelumnya maka akan tersaji beberapa Drive Anda.

2.Klik Ikon (+) bertulis Baru

3.Skrol ke bawah pada Lainnya-google formulir -formulir kosong


lainnya,google formulir,formulir kosong

4.Ganti Formulir Tanpa Judul dengan judul seperti: Presensi Siswa dan Deskripsi Formulir dengan misalnya: Presensi Siswa Kelas 9 A–D (Jika Anda mengajar di 4 kelas)

5.Ganti Pertanyaan tanpa judul dengan: Nama Siswa sehingga otomatis Pilihan Ganda pada bagian sebelah kanan berubah menjadi Jawaban Singkat serta button Wajib diisi berubah berwarna, sehingga semua siswa menuliskan namanya pada kolom yang disediakan.

6.Tambah Pertanyaan dengan mengklik ikon (+) di sebelah kanan.Lalu isi dengan Kelas, mulai kelas iX A, IX B, IX C dan IX D pada option yang diberikan.

Atur Centang pada pilihan ganda diganti dengan kotak centang dan atur wajib diisi sehingga semua siswa tinggal centang pada kelasnya masing-masing sehingga muncul deretan kelas IX A sampai Kelas IX D.

7.Klik Tambah pertanyaan, ganti dengan Hari dan tanggal dan atur Wajib Diisi, sehingga tampilannya seperti gambar di bawah ini!

tanapa judul,deskripsi,nama siswa,kelas,haritanggal

8.Selanjutnya klik Tambah Pertanyaan, ganti dengan Upload Scan Tanda tangan lalu atur jawaban dengan Upload file, izinkan hanya jenis file tertentu dan centang dokumen dan gambar. Jumlah maksimum file 1, Ukuran file ubah menajdi maksimal 1MB 

upload file,tanda tangan,gambar,dokumen

Nantinya, jangan lupa mengingatkan siswa untuk meng-upload Scan Tanda tangan. Caranya, buat tanda tangan siswa di kertas dan difoto/discan dengan android kemudian diupload saat mengirim kehadirannya.

Sampai disini Laman Formulir Presensi Siswa sudah selesai.

Namun jika rekan guru ingin memperbagus tampilan laman presensi siswa ini, lakukan langkah berikut ini!

1.Tambahkan Tema dengan cara mengklik Sesuaikan Tema seperti ini 

opsi tema,warna,gambar header

Kemudian ada beberapa pilihan yang perlu diatur seperti header, warna tema, warna latar belakang, dan fonts. Kemudian jika ingin menambahkan gambar untuk header laman presensi klik Pilih Gambar

2. Selanjutnya lihai ikon Stelan dan klik seperti gambar berikut!


stelan,tampilan,laman google formulir

3.Lalu atur Setelannya seperti screenshoot di bawah ini!

stelan,stelan presentasi,umum

Setelan Presentasi diceklist pada bagian Tampilkan link untuk menyerahkan tanggapan lain, dan Pesan konfirmasi diisi dengan Anda telah absen hari ini  Kemudian simpan

4.Selanjutnya klik Kirim, lalu pilih Kirim formulir dengan menggunakan tautan atau perpendek Link URL,  lalu klik Salin 


tautan,perpendek url,salin


Setelah disalin paste atau tempelkan kode link URL ini ke media yang digunakan siswa seperti WhatsApp atau facebook. Ini hanya untuk mengingatkan siswa agar mengambil presensinya.

Contoh: Siswa sekalian, ini link Presensi untuk kelas IX A  https://forms.gle/xc6pVe9D2UDeHuwMA Silahkan dicek dan ambil presensinya.

Nah selesai sudah blanko atau formulir presensi online siswa.

Selanjutnya untuk memeriksa kehadiran siswa di halaman presensi ini, Anda masuk ke google drive.


tanggapan,cek kehadiran siswa,

Lalu lihat Respons atau gambar yang di dalam lingkaran merah di sebelah kanan.
Kemudian klik Buat Spreadsheet Baru dan klik Buat, sehingga muncul tampilan seperti di bahwah ini.
cek kehadiran,laman spreadsheet

Siswa yang sudah mengambil absensinya akan tercantum namanya di halaman ii.

Sekarang rekan guru sudah dapat mencoba mempraktikkannya dalam memeriksa kehadiran siswa dalam pembelajaran online. Selamat mencoba semoga sukses!.***

0 Response to "Panduan Cara Membuat Presensi Online Menggunakan Google Formulir"

Posting Komentar