Tips Ringan Persiapan Belajar Anak di Rumah Usai Lebaran

Tips ringan persiapan belajar anak di rumah usai lebaran – Ketika libur nasional, Lebaran Idul Fitri 1441 H berakhir, kemungkinan besar siswa tetap menjalani belajar jarak jauh. Kenapa kemungkinan? Karena belum ada keputusan pemerintah untuk belajar secara normal kembali.

belajar di rumah,persiapan,perangkat
Ilustrasi persiapan belajar di rumah (pexels.com)

Belajar disini dimaksudkan untuk siswa kelas 1 sd 5 jenjang SD/Sederajat, kelas 7 dan 8 jenjang SMP/Sederajat dan siswa kelas 10 sd 11 untuk jenjang SMA/Sederajat.

Yang pasti, keterlibatan orangtua sangat besar dan dibutuhkan kembali ketika anak belajar secara online usai lebaran ini. 

Keterlibatan orangtua adalah menyediakan segala sarana dan fasilitas belajar dan mengawasi anak dalam belajar.

Persiapan belajar anak di rumah penting dilakukan untuk menciptakan proses belajar anak di rumah lebih efektif dan efisien. 

Tepat sasaran namun lebih hemat dalam segi finansial maupun waktu untuk menciptakan proses belajar anak di rumah.

Lalu, apa saja persiapan penting anak belajar di rumah usai lebaran idul Fitri 1441 H ini?

1.Perangkat android

Perangkat belajar utama anak ketika di rumah adalah hp android yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Koneksi internet melalui jaringan wifi maupun paket data seluler.

Selain itu pada android anak juga sudah diinstall beberapa aplikasi media sosial seperti facebook dan whatsapp, Selain itu juga perlu menginstall aplikasi milik google seperti Google Classroom (Google Kelas).atau yang lainnya.

2.Akun email

Akun email sudah diketahui, penting dalam menggunakan android maupun untuk terhubung dengan berbagai aplikasi media dan fitur.

Google dan yahoo adalah dua layanan yang paling banyak digunakan siswa untuk membuat akun email.

Akun yahoo lazim digunakan untuk terhubung dengan media sosial seperti WhatSapp, facebook, twitter dan instagram. 

Namun jika media belajar yang digunakan adalah aplikasi google tentulah memerlukan akun google.,

Yang perlu diperiksa kembali adalah password atau kata sandi dari akun yang digunakan. Usahakan untuk mengingat dan mencatatnya baik-baik sehingga log ini pada suatu aplikasi menjadi mudah.

Akun gmail digunakan untuk menggunakan fasilitas google seperti Google Classroom (Google Kelas), Google Formulir yang sudah terhubung dengan fitur google lainnya yang dibutuhkan.

Google Kelas berguna untuk mengikuti pembelajaran online. Sementara itu Presensi atau Kehadiran siswa menggunakan Google Formulir.

3.Alat tulis

Alat tulis yang dipersiapkan adalah kertas dan pensil atau pena. Kertas digunakan saat membuat tugas dan hasilnya ini akan di screenshoot atau difoto untuk diupload atau unggah melalui media belajar yang digunakan.

Kertas yang lazim digunakan adalah HVS dan double folio. Hal ini tergantung selera dan keinginan anak.

Demikianlah hal penting sekadar untuk diingat kembali untuk mempersiapkan belajar dari rumah usai lebaran dul Fitri 1441 H.***

0 Response to "Tips Ringan Persiapan Belajar Anak di Rumah Usai Lebaran"

Posting Komentar