Beasiswa Aperti BUMN Tahun 2020 Telah Dibuka,Begini Cara Mendaftarnya!

Beasiswa aperti bumn tahun 2020 telah dibuka, begini cara mendaftarnya! - Bagi teman-teman lulusan Tahun 2019/2020 yang masih bingung dengan biaya kuliah nantinya. Kini tak perlu risau lagi karena di tahun 2020 ini, beasiswa Aperti BUMN telah dibuka. Dan sekadar share pengalaman, saya akan menginformasikannya kepada teman-teman semua.


aperti bumn,pendaftaran,tamatan sma sederajat,tahun 2020

Sejak tanggal 14 Mei 2020 lalu, para siswa SMA/Sederajat, sudah bisa melakukan pendaftaran online di masing-masing website perguruan tinggi yang tergabung dalam Aperti BUMN.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara mendaftarnya, ada baiknya saya akan menjelaskan dulu, apa itu beasiswa Aperti BUMN. 

Beasiswa Aperti BUMN adalah beasiswa full kuliah sampai lulus yang diselenggarakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (Aperti BUMN). 

Untuk perguruan tinggi yang ikut dalam program Aperti BUMN ini adalah Telkom University (TEL-U), Universitas Pertamina (UP), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute), POLTEK POS, dan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS).

Untuk syarat pendaftaran beasiswa Aperti  BUMN sendiri sebagai berikut:

       1. Lulusan SMA/Sederajat
       2. Lulusan tahun 2019/2020
       3. Nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5

Untuk periode pendaftaran APERTI BUMN telah dibuka sejak tanggal 14 Mei 2020 sampai 1 Juli 2020. Untuk pendaftaran dan pengiriman berkasnya sendiri dilakukan secara online. 

Jadi, teman-teman bisa mendaftar sendiri di rumah melalui gadget dengan masuk ke web pendaftaran APERTI BUMN masing-masing universitas yang tergabung seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Bagaimana cara pendaftarannya? Simak langkah-langkah di bawah ini:

1.Ketik kata kunci ini di mesin penelusuran

Pertama, teman-teman ketik di kolom halaman penelusuran atau pencarian google pada gadget dengan kata kunci : daftar beasiswa aperti bumn sehingga muncul berbagai web pendaftaran beasiswa Aperti BUMN dari berbagai universitas yang tergabung seperti gambar di bawah ini.

memilih,university,bumn,aperti

2.Pilih Universitas yang diminati

Teman-teman pilih Universitas yang diminati dan lakukan pendaftaran disana. Sebagai contoh, kali ini saya akan melakukan pendaftaran di Telkom University, seperti gambar berikut ini.

beasiswa,aperti,pendaftaran,telkom,university

3. Mendaftar dengan membuat akun baru

Setelah masuk ke laman perguruan tinggi yang diinginkan, teman-teman klik Daftar Sekarang maka akan muncul kolom Buat Akun Baru.

Teman-teman isi kolom tersebut dengan data nama lengkap, no hp, email dan password dan klik buat akun. Selanjutnya tunggu pesan aktivasi akun di kotak email. Gunakan email sendiri yang masih aktif.

4.Mengisi data dan berkas yang diperlukan

.Pada pesan masuk, klik aktivasi akun, dan login kembali di web pendaftaran dengan email dan password yang telah dibuat seperti gambar di bawah ini!


buat akun,login, aperti

Teman-teman akan mengisi data yang diperlukan seperti nama lengkap dan biodata diri secara lengkap kemudian berkas yang dibutuhkan seperti berkas raport semester 1 sampai semester 5 serta berkas sertifikat prestasi (jika ada).


Untuk upload berkas raport, teman-teman harus scan foto raport terlebih dahulu. Cara scannya tinggal masuk ke aplikasi Google Drive klik ikon tambah dan pilih scan atau pindai, jika fotokopi raport harus dilegalisir terlebih dahulu.



Oh ya, teman-teman. Untuk informasi singkat lainnya mengenai beasiswa ini, simak juga hal berikut ini:

      1. Periode pendaftaran dan upload berkas : 14 Mei – 1 Juli 2020
      2. Pengumuman seleksi berkas : 9 Juli 2020
      3. Tes online : 11 Juli 2020      4. 00   Pengumuman seleksi tes online : 18 Juli 2020
      5. Interview : 19 – 20 Juli 2020
      6. Pengumuman kelulusan : 22 Juli 2020

Itulah informasi mengenai beasiswa Aperti BUMN, jika ada pertanyaan silahkan coret di kolom komentar dibawah. Semoga teman-teman yang mendaftar dipermudah segala urusannya.*** (Kiriman : Dennis Pahlevi)

1 Response to "Beasiswa Aperti BUMN Tahun 2020 Telah Dibuka,Begini Cara Mendaftarnya!"

  1. kira2 materi tes online-nya apa ya? apakah seperti cpns? atau hanya pelajaran pokok(mtk & fis) atau bagaimana?

    BalasHapus