Angkatan 2020, Akan Dikenang Sebagai Angkatan Corona

Angkatan 2020, akan dikenang sebagai angkatan corona - Siswa tingkat terakhir di semua jenjang pendidikan pada Tahun Ajaran 2019/2020  telah menjalani proses pembelajaran yang istimewa. Pembelajaran istimewa itu terjadi justru terjadi pada semester genap, menjelang penyelesaian pembelajaran di satuan pendidikan (sekolah).

angkatan Corona,angkatan 2020,dampak covid-19
Ilustrasi siswa (pexels.com)

Keistimewaan siswa Angkatan 2020 itu berawal dari kasus wabah Coronavirus Desease  (Covid-19) yang melanda Indonesia. Virus yang berbahaya dan mematikan itu mulai memuncak pada awal Maret 2020 dan sudah semakin mengkhawatirkan.

Pemerintah Indonesia tidak tinggal diam. Presiden RI mengeluarkan PP Nomor dan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Sekolah termasuk salah satu fasilitas umum yang ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Segala aktivitas pembelajaran intrakurikuler di sekolah dipindahkan ke rumah.

Siswa belajar di rumah melalui sistim Daring (dalam jaringan). Bahkan Ujian Nasional (UN) dihapuskan lebih awal dari rencana semula pemerintah tahun 2021. 

Ganti UN adalah Ujian Sekolah yang dilaksanakan secara Daring. Hal ini telah tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan pada masa Penanganan Penyebaran Coronavirus Desease (Civid-19).

Sementara itu semua kegiatan ekstrakurikuler di sekolah terpaksa dihentikan. Program-program kegiatan kesiswaan yang sudah disusun di awal tahun ajaran terpaksa 'dilacikan' alias disimpan.

Kegiatan perpisahan yang sudah dipersiapkan siswa jauh-jauh hari, urung diselenggarakan. Siswa kelas terakhir merasa kecewa kehilangan momen yang akan menjadi memori penting dalam hidup mereka.

Kegiatan perpisahan siswa di sekolah tidak hanya sekadar seremoni penyerahan siswa kembali ke orangtuanya. Bagi siswa yang akan menamatkan sekolah, kegiatan perpisahan juga menciptakan momentum terakhir yang bakal dikenang di kemudian hari.
Semestinya, siswa pada tingkat terakhir akan menghabiskan banyak waktunya di sekolah. 

Mengisi waktu-waktu tersisa sebelum meninggalkan sekolah, tempat dimana mereka telah memperoleh ilmu pengetahuan selama ini.

Yang pasti, mereka tidak akan pernah lagi duduk di bangku ruang kelas dalam proses belajar. Tidak akan pernah!

Maka tidak berlebihan kiranya, Angkatan 2020 setiap jenjang pendidikan akan diingat oleh semua siswa sebagai 'Angkatan Corona'.***

0 Response to "Angkatan 2020, Akan Dikenang Sebagai Angkatan Corona"

Posting Komentar