Gerhana Matahari Cincin Kembali Dapat Disaksikan Hari Ini

Gerhana matahari cincin kembali dapat disaksikan hari ini - Beberapa tempat di wilayah Indonesia, termasuk Sumbar akan dilewati gerhana matahari. Kita akan dapat menyaksikan kembali terjadinya fenomena alam tersebut menjelang sore, Minggu (21/6/20).

gerhana matahari,sebagian,cincin
Ilustrasi gerhana matahari (pixabay.com)

Menurut pihak BMKG Sumbar, gerhana matahari sebagian ini diperkirakan mulai terjadi pukul 14.03 WIB dan puncaknya pukul 14.54 WIB.

Seperti diketahui, fenomena alam gerhana matahari serupa juga terjadi 6 bulan sebelumnya, yaitu Kamis, 26 Desember 2019.

Ketika itu gerhana matahari di Sumbar mulai terjadi pukul 10.19 WIB. Puncak gerhana terjadi pukul 12.11 WIB dan berakhir pukul 14.08 WIB.

Gerhana matahari cincin

Gerhana matahari terjadi pada saat dimana posisi Matahari - Bulan - Bumi tepat segaris. Saat ini terlihat piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari jika diamati dari bumi. 
Baca kembali : Mengapa Terjadi Gerhana Matahari?

Gerhana matahari cincin adalah saat dimana matahari akan terlihat seperti cincin yang teramati dari bumi. Bulatan cincin pada matahari terbentuk karena gelap di bagian tengah dan terang di bagian pinggirnya.

Awal gerhana matahari adalah pada saat terjadi kontak pertama, ketika bulan mulai menutupi matahari. Seiring berjalannya waktu, piringan matahari yang terkena gerhana akan semakin besar. Hingga akhirnya seluruh bulan mulai menutupi piringan matahari. Momen ini disebut fase cincin.

Pada saat fase cincin ini, wilayah yang dilewati gerhana matahari akan terjadi dimana cahaya matahari akan meredup hingga di wilayah tersebut dalam kondisi seperti saat fajar atau menjelang senja.

Puncak keredupan cahaya matahari adalah saat terjadinya puncak gerhana, yaitu waktu di tengah-tengah fase cincin.

Setelah itu, piringan matahari yang tampak terena gerhana akan semakin kecil hingga akhirnya bulan tak lagi menutupi piringan matahari. Berakhirlah gerhana matahari.

Lama waktu sejak bulan terlihat bersentuhan dengan matahari dan meninggalkannya, disebut sebagai durasi gerhana. Lama waktunya juga bervariasi dari satu tempat dengan tempat lainnya.

Lihat juga : Apa di Planet Lain Juga Terjadi Gerhana?
Terjadinya fenomena alam gerhana, termasuk gerhana matahari, tentunya akan menjadi momen untuk mengingatkan kita akan kebesaran-Nya dan meningkatkan kualitas Iman dan Takwa kepada Allah SWT. Semoga!***

0 Response to "Gerhana Matahari Cincin Kembali Dapat Disaksikan Hari Ini"

Posting Komentar