Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Masa Pandemi Covid-19

Peringatan hari lahir pancasila pada masa pandemi covid-19 – Hari ini Senin, 1 Juni 2020, bertepatan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016.

banner,peringatan,hari pancasila,lahir pancasila,dasar negara
Banner Perinagatn Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 (bipb.go.id)

Peringatan Hari lahir Pancasila tahun 2020 ini mengangkat tema Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong-royong Menuju INdonesia Maju.

Tema peringatan ini tidak lepas dari kondisi masyarakat dan bangsa saat ini yang tengah dilanda wabah virus Corona. Dalam situasi demikian, kiranya sangat dibutuhkan sikap dan tindakan gorong-royong dalam mencegah penularan Coronavirus Desease (Covid-19).

Pidato Sukarno

Penetapan 1 Juni sebagai Hari lahir Pancasila terkait dengan proses lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka. 

Pada awalnya Sukarno menyampaikan gagasan tentang dasar negara Indonesia merdeka, yaitu Pancasila dalam pidatonya berjudul Lahirnya Pancasila dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945. 

Gagasan dasar negara Indonesia merdeka ini diterima secara aklamasi oleh sidang BPUPKI dan dicantumkan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945) pada aliniea ke-4.


Selanjutnya BPUPKI mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka tanggal 18 Agustus 1945 

Pengamalan Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila  tentang Hari Lahirnya Pancasila, tanggal 1 Juni mengingatkan kembali bangsa Indonesia bahawa Pancasila adalah dasar negara Indonesia merdeka. 

Sebagai dasar negara Indonesia merdeka, Pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup masyarakat Indonesia sebagai warga negara dan bangsa Indonesia dalam kerangka Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI)

Dalam praktiknya, sebagai dasar negara dan ideologi negara maka Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia.

Pengamalan nilai-nila dalam setiap sila Pancasila perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara dan bangsa Indonesia.

Untuk dapat menerapkan nilai-nilai tersebut, semua masyarakat perlu menghafal dengan baik sehingga dapat memahaminya untuk diterapkan dalam sikap dan tindakan dalam kehidupan sehari.

Lingkungan pendidikan sekolah


hari lahir,dasar negara pancasila
Spanduk Peringatan Hari Lahir Pancasila di sekolah (subirman/matrapendidikan.com)

Lembaga pendidikan terutama sekolah, tentulah memiliki peranan yang sangat penting untuk menumbuhkan pemahaman dan ppenerapan nilai-nilai Panacasila. 

Tidak hanya guru mata pelajaran PKN, semua guru dapat mengembangkan nilai-nilai Pancasila tersebut di lingkungan pendidikan sekolah.

Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi Covid-1, mungkin di lembaga tertentu saja yang boleh memperingati Hari lahir Pancasila dalam upacara bendera.

Namun bukan berarti lembaga sekolah tidak memiliki peran dalam memperingati Hari lahir Pancasila. 

Penaikan bendera merah putih 1 Juni dan pemasangan spanduk Hari lahir Pancasila merupakan langkah nyata lembaga sekolah untuk mengingatkan warga sekolah akan pentingnya menerapkan tindakan gotong-royong dalam menghadapi wabah Covid-19 dan langkah menuju Indonesia maju.

Pemerintah juga menghimbau untuk mengikuti upacara Peringatan Hari lahir Pancasila melalui media elektronik, seperti TVRI/RRI dan media lainnya yang menayangkan siaran langsung upacara tersebut pada hari Senin, 1 Juni 2020 ini.

Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Jui 2020.***

0 Response to "Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Masa Pandemi Covid-19"

Posting Komentar