Semangat Goro Masyarakat dalam Membangun Ponpes Bustanul Muhaqiqin Nagari Taluk

Semangat goro masyarakat dalam membangun ponpes bustanul muhaqiqin nagari taluk - Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Bustanul Muhaqiqin Kenagarian Taluk, Lintau Buo, Tanah Datar, Sumbar, Buya Syaiful Anwar mengatakan, tingginya semangat dan keprihatinan masyarakat di kampung dan di rantau terhadap pendidikan keagamaan di tengah perkembangan teknologi telah melatarbelakangi berdirinya pesantren.

ponpes,pondok pesantren,bustanul muhaqiqin
Wabup Tanah Datar H.Zuldafri Darma, SH menyerahkan bantuan kepada salah seorang pengurus pesantren Bustanul Muhaqiqin S.Malin Parmato (Rainaldi/matrapendidikan.com)

Hal itu disampaikan Buya Syaiful Anwar di hadapan H.Zuldafri Darma, SH, Wakil Bupati Tanah Datar saat berkunjung ke Ponpes tersebut, Minggu malam lalu (7/6/20).

Buya Syaiful juga menyampaikan bahwa gotong royong secara fisik dilaksanakan pada malam hari.

"Gotong-royong fisik dilaksanakan malam hari karena mengingat siang harinya masyarakat bekerja." ungkap Buya meneragkan. 

Memasuki Tahun Ajaran 2020/2021, jelas Buya, sudah ada 2 lokal belajar, 26 siswa yang mendaftar dan 6 orang guru.

Sementara itu Wabup Tanah Datar, H.Zuldafri Darma, SH dalam sambutannya sebelum melaksanakan Goro mengatakan bahwa semangat gotong-royong dapat menjalin tali silahturrahi masyarakat.

"Selain itu juga dapat memupuk rasa kebersamaan dan meningkatkan motivasi untuk berpartisipasi dalam pembangunan," ujar Wabup di hadapan hadirin.

Lebih jauh Wabup mengatakan bahwa Pemda akan membantu pembangunan pesantren dengan syarat administrasi dipersiapkan dan yayasan berbadan hukum.

pengurus yayasan,kemajuan islam,bustanul muhaqiqin
Pengurus Yayasan Kemajuan Islam (Rainaldi/matrapendidikan.com)

Sebelumnya Pendi Aswil, Wali Nagari Taluk dalam kesempatan itu juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah daerah melalui Wabup Tanah Datar untuk mendukung berdirinya pesantren.

"Pada mulanya pesantren ini dibangun dengan swadaya masyarakat di kampung dan di rantau. Oleh sebab itu kami berharap pemda untuk membantu berdirinya dan pembangunan pesantren ini," ujarnya.***

0 Response to "Semangat Goro Masyarakat dalam Membangun Ponpes Bustanul Muhaqiqin Nagari Taluk"

Posting Komentar