Kesiapan Masyarakat dalam Tatanan Kehidupan Normal Baru

Kesiapan masyarakat dalam tatanan kehidupan normal baru - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III di Sumatera Barat sudah berakhir kemaren, Minggu (7/6/20). Jika pemberlakuan PSBB tidak diperpanjang lagi, berarti provinsi ini akan memasuki Era New Normal.


Tataran baru,kehidupan baru,tnbpac
Masker pelindung, salah satu fasilitas protokol kesehatan (Matra pendidikancom)

Dikutip dari hariansinggalang.co.id, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menerapkan konsep Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19, disingkat TNBPAC dalam Era New Normal tersebut.

Hal ini membuktikan bahwa Provinsi Sumatera Barat sudah memiliki persyaratan, prosedur dan kesiapan dalam memasuki new normal.

Kesiapan masyarakat dalam memasuki tatanan kehidupan normal baru menjadi poin penting dalam pertimbangan menerapkan TNBPAC. Kesiapan masyarakat dimaksud adalah mematuhi himbauan pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sebenarnya tidak lagi terlalu rumit bagi masyarakat untuk menerapkan budaya cuci tangan, mengenakan masker dan jaga jarak aman. Masyarakat sudah mulai terbiasa dengan hal itu sejak pemberlakuan PSBB.
Cuci tangan sampai bersih dengan air mengalir, sabun atau pun hand sanitizer. Jika keluar rumah berjalan kaki atau menggunakan kendaraan hendaknya mengenakan masker pelindung.

Dan yang tak kalah penting adalah menjaga jarak aman minimal 1,5 meter dan berusaha untuk menghindari kerumunan massa.

Hanya saja, sebagian kecil masyarakat sering lupa untuk menerapkan protokol kesehatan tersebut. Disinilah pentingnya kerja sama masyarakat untuk saling mengingatkan satu sama lainnya.

Hal itu dimulai dari unit terkecil komunitas masyarakat yaitu keluarga. Setiap anggota keluarga saling mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan.
Dengan demikian akan terwujud suatu tatanan kehidupan baru yang produktif dan aman dalam konsep TNBPAC. Semoga!

0 Response to "Kesiapan Masyarakat dalam Tatanan Kehidupan Normal Baru"

Posting Komentar