Siswa Belajar Dari Rumah, Bantu Juga Orangtua

Siswa belajar dari rumah siswa bantu orangtuamu - Pembelajaran daring akan terus berlanjut sampai batas waktu yang tidak dapat dipastikan. Siswa akan tetap belajar dari rumah secara online maupun offline.


belajar dari rumah,pembelajaran daring,bantu orangtua
Ilustrasi belajar dari rumah (pixabay.com)

Siswa belajar di rumah menggunakan fasilitas android, netbook, laptop, komputer dan gadget lainnya yang terkoneksi dengan jaringan internet. Aplikasi belajar yang dimanfaatkan antara lain whatshap, google classroom, google form, google zoom, Facebook like dan aplikasi penting lainnya.

Siswa belajar dari rumah akan dibimbing oleh orangtuanya. Peran orangtua siswa menjadi semakin penting dalam belajar jarak jauh. 

Peran orangtua tidak hanya sebatas menyediakan fasilitas dan pendukung belajar. Lebih dari itu juga mendidik anak dalam konteks pendidikan di lembaga sekolah sekaligus pendidikan keluarga secara langsung. 

Tugas orangtua semakin tidak ringan karena mendapa tugas tambahan dari pihak sekolah akibat pembelajaran daring. 

Tugas orangtua siswa itu akan terlaksana dengan baik jika kondisi ekonomi keluarga berjalan normal dan orangtua bekerja di rumah.

Namun tidak semua orangtua siswa akan dapat menjalankan tugas tersebut selama pembelajaran daring. Salah satu faktornya adalah aktivitas orangtua yang harus bekerja di luar rumah.

Nah, disinilah pentingnya peranan siswa dalam membantu orangtua secara langsung maupun tidak. Caranya?

1.Belajar dengan baik dari rumah

Jika orangtua siswa memang bekerja di luar rumah jangan manfaatkan kondisi itu untuk bermain-main atau melakukan tindakan merugikan orangtua maupun diri sendiri.

Sebaliknya belajarlah dengan baik, 
hindari pekerjaan yang membuat pusing orantua siswa ketika pulang kembali ke rumah.

Itu sudah membantu orangtua siswa.

2.Kerjakan pekerjaan ringan

Membantu pekerjaan ringan maksudnya pekerjaan yang tidak mengganggu fokus belajar. Lakukan pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah jika orangtua bekerja di luar rumah.

Belajar secara online tidak hanya di rumah, ditempat selain rumah juga bisa selagi terkoneksi dengan jaringan internet.

Jika orangtua bekerja di sawah atau ladang, siswa dapat belajar dan membantu orangtua. Begitu pula warung, kedai maupun toko. 
Jadi, siswa yang baik akan berusaha membantu orangtuanya selama belajar di rumah.***

0 Response to "Siswa Belajar Dari Rumah, Bantu Juga Orangtua"

Posting Komentar