Persiapan Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19

Persiapan Belajar online di masa pandemi covid-19 - Tahun Ajaran Baru 2020/2021 sudah dipastikan akan dimulai 13 Juli 2020. Bagi sekolah yang berada pada zona hijau sudah diperbolehkan membuka sekolah pada tahun ajaran baru dan melaksanakan pembelajaran tatap muka di ruang kelas.

belajar online,aplikasi online,masa pandemi
Belajar melalui aplikasi belajar online (pixabay.com)

Namun tidak demikian halnya dengan sekolah yang berada pada zona yang belum dinyatakan sebagai zona hijau pada masa Covid-19. Belum dibolehkan membuka sekolah dan harus menyelenggarakan pembelajaran secara daring.  

Pembelajaran daring akan menghantarkan siswa belajar secara online melalui aplikasi yang dipilih oleh pihak sekolah.

Konsekuensinya, gadget android dan perangkat dekstop lainnya kembali menjadi fasilitas belajar online di masa Pandemi Covid-19 pada Tahun Ajaran 2020/2021.

Sistem belajar online pada masa pandemi yang akan diterapkan pada Tahun Ajaran 2020/2021 perlu persiapan melalui perencanaan yang matang. Tujuannya agar pembelajaran online berlangsung efektif dan efisien.

Selama beberapa bulan terakhir, pembelajaran telah berlangsung secara online menggunakan aplikasi yang sudah familiar dengan siswa seperti WhatSapp, Zoom, Google Classroom dan lain sebagainya.

Siswa menerima materi pelajaran yang disertai dengan tugas-tugas, kemudian harus mengembalikannya kepada guru melalui apilkasi yang digunakan.

Persiapan belajar online pada masa Pandemi akan melibatkan orangtua siswa secara langsung. Dapat dikatakan, sebagian tugas guru di sekolah telah dilimpahkan kepada orangtua di rumah, terutama tugas bimbingan dan pengawasan.

Memang, beban orangtua meningkat signifikan sejak berlakunya belajar online pada masa pandemi Covid-19. Tidak hanya tugas bimbingan dan pengawasan akan tetapi juga beban finansial.

Akan tetapi demi pendidikan anak, orangtua telah rela memikul tanggungjawab tersebut dengan menyediakan fasilitas belajar online seperti gadget android serta fasilitas pendukung berupa kuota internet atau paket data internet.

Orangtua siswa akan berusaha untuk membantu terselenggaranya pembelajaran online pada masa Pandemi Covid-19.

Untuk melengkapi pembelajaran online yang diselenggarakan pihak sekolah, kiranya orangtua perlu juga mempersiapkan bimbingan belajar online untuk anak.

Apliasi belajar online terbaik

Selain belajar online bersama guru, siswa juga dapat memanfaatkan bimbingan belajar online dengan bantuan aplikasi belajar online. Hal ini berguna untuk memperkaya materi pelajaran sekaligus meningkatkan keahlian dalam menyelesaikan soal ujian. Sehingga prestasi belajar siswa akan meningkat secara optimal.

ruanguru,aplikasi belajar,belajar online,terbai
Ruangguru menjadi layanan belajar online terbaik di Indonesia (bimbel.ruangguru.com)

Untuk keperluan itu sudah banyak layanan teknologi belajar online berbasis apliakasi yang sudah mendapat rekomendasi dari pihak Kemendikbud RI. Salah satu layanan belajar online terbaik dan paling populer saat ini adalah Ruangguru.

Sebagai layanan belajar online di masa Pandemi Covid-19, Ruangguru menyediakan berbagai fitur lengkap dan sesuai kebutuhan siswa. Fitur dari aplikasi belajar online terbaik ini akan membantu siswa belajar online dalam suasana menyenangkan tentunya.

Banyak fitur bermanfaat yang tersedia dan dimanfaatkan oleh siswa pada aplikasi ruangguru selama belajar pada masa Pandemi Covid-19.

Sebutlah fitur ruang belajar. Fitur ini menyediakan video belajar animasi dengan puluhan ribu video belajar yang diajarkan oleh Master Teacher Terbaik Ruangguru. Video ini pun dapat didownload dan ditonton tanpa kuota internet.

Selain itu ada pula ratusan ribu latihan soal dan pembahasannya untuk menguji pemahaman terhadap materi belajaran. Latihan soal pada fitur ruang belajar ini dalam bentuk bank soal, tryout online dan latihan harian.

Bagi yang ingin berinteraksi dengan guru melalui pembelajaran langsung tersedia fitur live teaching. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan Ruang belajar for desktop yang dapat diakses melalui HP maupun komputer/laptop.

Selain itu, web dan aplikasi ruang guru juga menyediakan layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlanganan, market place les privat dan materi pendidikan lainnya.

Perlu juga diketahui bahwa web dan aplikasi belajar online Ruang guru tersedia untuk semua tingkat kelas dan mata pelajaran kurikulum nasional. Dan layanan ini dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi yang sudah berlangganan maupun belum berlangganan dengan Ruangguru.***

0 Response to "Persiapan Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19"

Posting Komentar