Hormat Bendera Merah Putih, Karakter Cinta Tanah Air

Hormat bendera merah putih, karakter cinta tanah air - Seorang anak perempuan yang baru duduk di bangku kelas 3, Fakhirah Ayunda namanya dan biasa disapa Dedek. Terlihat sedang hormat pada bendera yang berkibar di tiang anjungan paling depan sebuah kapal.

hormat bendera,cinta,tanah air
Hormat bendera di atas 'kapal-kapalan' di sebuat tempat wisata (Rahid S/matrapendidikan.com)

Jika melihat posisi berdiri sang anak, lurus mengikuti arah gerakan kapal dan arah kibaran bendera merah putih. Tentu saja, bendera di pajang bukan dari sebuah kapal benaran. Melainkan sebuah kapal-kapalan yang ada di sebuah tempat wisata. 

Sebab latarnya bukan laut melainkan pemandangan alam sawah yang terbentang dengan latar sebuah gunung. Bendera yang berkibar, bukan bendera-benderaan.

Yang menarik dari gambar yang dikirim Rahid Sikumbang, ayahanda Dedek ini adalah sikap hormat seorang anak terhadap bendera merah putih. Sikap ini tentulah pertanda cinta seorang anak kepada tanah airnya Tanah Air Indonesia.

Bendera adalah lambang suatu negara. Setiap negara di dunia akan memiliki bendera berupa jainpersegi panjang atau segi tiga dengan ukuran tertentu.

Sebagai lambang yang penuh arti dan makna sehingga  bangsa tersebut akan menghormati lambang  negaranya. Tidak terkecuali bangsa Indonesia.

Sangsaka Merah Putih adalah lambang negara Indonesia. Karena terdiri dua warna, merah dan putih maka sering juga disebut Sang Dwiwarna.

Sang Dwi warna Merah Putih merangkum nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme. Bendara merah putih sebagai lambang negara Indonesia  tak luput dari sejarah panjang perjuangan bangsa merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta mengisi kemerdekaan tersebut dengan kegiatan pembangunan di segala bidang.

Menghormati dan menghargai lambang negara. Karakter cinta tanah air memang harus ditanamkan pada anak sejak dini dari lingkungan keluarga.

Dimana bendera dwiwarna berkibar akan menggugah batin anak untuk  bersikap siap dan mengangkat tangan untuk hormat kepada bendera.

Ini akan mengingatkan anak sekolah untuk menghormati bendera merah putih. Tidak hanya saat upacara pengibaran bendera di sekolah melainkan bendera yang dipajang di tempat lain. Sikap hormat tentunya tidak selalu mengangkat tangan.

Sebab sikap menghormati bendera merah putih adalah salah satu perwujudan cinta pada tanah air.***

0 Response to "Hormat Bendera Merah Putih, Karakter Cinta Tanah Air"

Posting Komentar