Yuk, Cari Tahu Disini Kenapa Dinamakan Bunga Matahari?

Yuk, cari tahu disini kenapa dinamakan bunga matahari? - Semua pasti mengenal bunga yang satu ini. Bunga berwarna kuning terang yang disebut bunga matahari. Kenapa dinamakan bunga matahari? 

bunga matahari,gerak heliotropis,penyerbukan silang
Bunga matahari (pixabay.com)

Untuk memperkaya pengetahuan siswa tentang tumbuhan akan dibahas tentang bunga matahari. Terutama jika dihubungkan dengan pelajaran penyerbukan dan gerak pada tumbuhan.

Merujuk Wikipedia, bunga matahari (helianthos annuss L) merupakan tumbuhan musiman dari suku kenikiran (asteraceae). Bunga matahari dikenal sebagai tanaman hias dan penghasil minyak.
Ciri khas bunga ini adalah berwarna kuning terang.  Kepala bunga yang besar. Tersusun atas ratusan bunga kecil pada bongkol. Oleh sebab itu bunga ini disebut bunga majemuk.

Bunga matahari dijadikan sebagai bunga hias. Tidak hanya indah dipandang manusia, bunga matahari menarik perhatian hewan serangga. 

Oleh sebab itu penyerbukan bunga matahari dibantu oleh serangga dengan sistem penyerbukan silang.

Lalu kenapa dinamakan bunga matahari? Bunga matahari memiliki perilaku yang khas. Bunganya selalu menghadap atau condong ke arah matahari. 

Pada hari cerah tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan harian matahari yang gejalanya disebut heliotropisme.
Karena gerakan heliotropis ini juga bunga matahari mendapat keuntungan lebih untuk proses fotosintesis.  

Jadi, disebut dengan bunga matahari karena perilakunya mengikuti arah matahari. Nah, sekarang sudah tahu kenapa dinamakan dengan bunga matahari bukan?***

0 Response to "Yuk, Cari Tahu Disini Kenapa Dinamakan Bunga Matahari?"

Posting Komentar