Macam-macam Gerak Tumbuhan Materi IPA Kelas 8 K-13

Macam-macam gerak tumbuhan materi IPA kelas 8 K-13 - Selamat datang di Matra pendidikan.com, website yang membahas artikel pendididikan anak di lembaga sekolah dan lingkungan keluarga.


Ilustrasi gerak tumbuhan (pixabay.com)

Kesempatan pertemuan perdana Materi IPA untuk Kelas 8 Semester Ganjil SMP/MTs ini akan disajikan sub topik "Macam-macam Gerak Tumbuhan". 

Materi IPA yang akan disajikan ini merupakan bagian awal Topik "Gerak Makhluk Hidup dan Benda".

Gerak Makhluk Hidup dan Benda terdiri dari gerak tumbuhan, hewan dan gerak benda. Mari kita mulai dengan Gerak Tumbuhan! 

A.Gerak tumbuhan

Semua makhluk hidup (tumbuhan, hewan dan manusia) akan bergerak. Ini termasuk salah satu ciri dari makhluk hidup. Persoalannya, samakah gerak tumbuhan, hewan dan manusia?

Ternyata tidak sama! Kenapa? Perhatikan tumbuhan. Tumbuhan kelihatan diam saja atau tidak tampak bergerak jika diamati langsung. Benarkah?

Sesungguhnya tumbuhan juga bergerak. Hanya saja gerak pada tumbuhan lebih lambat karena membutuhkan waktu dan berlangsung sedikit demi sedikit.

Gerak pada tumbuhan merupakan suatu bentuk reaksi atau respon makhluk hidup terhadap rangsangan. Pada umumnya rangsangan itu berasal dari luar tumbuhan itu sendiri.

Hal ini terjadi karena tumbuhan tidak mempunyai alat gerak aktif sebagaimana halnya hewan dan manusia. Tumbuhan bergerak pasif sehingga disebut gerak pasif.

B.Macam-macam gerak tumbuhan

Tumbuhan bergerak karena ada rangsangan dari dalam maupun luar. Berdasarkan macam rangsangnya, gerak yang terjadi pada tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu: gerak endonom (autonomy), gerak higroskopis dan gerak esionom.
Mari kita bahas satu persatu beserta contohnya!

1.Gerak endonom
Gerak endonom autonomy adalah gerakan yang tidak diketahui secara jelas penyebabnya. Namun ilmuwan menduga gerakan ini berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri. 
Contohnya:
a.gerak plasma sel.
b.gerak klorofil dalam daun hijau
c.gerak rotasi sitoplasma dalam sel daun hydrilla.

2.Gerak Higroskopis
Gerak higroskopis adalah gerakan bagian tumbuhan yang terjadi karena perubahan kadar air dari sel-selnya.
Perubahan kadar air menyebabkan bagian tumbuhan tersebut mengalami pengerutan yang tidak sama pada bagian-bagiannya. 
Hal ini terjadi pada tumbuhan cemara. Terbukanya buah cemara yang sudah matang karena kering. 

3.Gerak Esionom
Gerak esionom pada tumbuhan terjadi karena adanya rangsangan dari luar.

Gerak esionom dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu:
a.Gerak tropisme
Gerak tropisme adalah gerak tumbuh menjauhi atau mendekati rangsangan. Misalnya fototropisme, geotropisme dan hidroteopisme.

b.Gerak Geotropisme/gravitropisme
Geotropisme atau gravitropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan rangsangan gaya gravitasi bumi.

c.Hidrotropisme
Hidrotropisme adalah gerak tumbuhan yang disebabkan karena rangsangan air. Contohnya, gerakan pertumbuhan akar menuju ke air.

d.Fototropisme
Fototropisme adalah gerak yang disebabkan oleh pengaruh rangsangan cahaya. Contoh, gerak bunga matahari mekar dan batangnya mengikuti cahaya matahari.

e.Kemotropisme
Kemotropisme adalah gerak tropisme yang disebabkan karena rangsangan zat kimia. Contohnya gerak akar menuju pupuk.

4.Gerak Taksis 
Gerak taksis adalah gerak berpindah tempat untuk menuju atau menjauhi arah datangnya rangsangan.

a.Kemotaksis
Kemotaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan rangsangan zat kimia. Contohnya gerak sel spermatozoid menuju sel telur.

b.  Fototaksis
Fototaksis adalah gerak taksis yang disebabkan rangsangan cahaya. contohnya, gerak Euglena menuju cahaya. 

5.Gerak Nasti
Nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.

Berdasarkan jenis rangsangannya, nasti dibedakan menjadi beberapa macam, yakni: seismonasti, niktinasti, fotonasti, termonasti dan nasti komplek.

a.Seismonasti
Seismonasti atau tigmonasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat rangsangan sentuhan. Contohnya adalah gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) ketika disentuh.

b.Niktinasti
Niktinasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat pengaruh gelap. Contohnya adalah "gerak tidur" yang dilakukan daun dari tumbuhan polong-polongan.

c.Fotonasti
Fotonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contohnya adalah mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada saat sore hari di saat terkena sinar matahari.

d.Termonasti
Niktinasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat pengaruh gelap. Contohnya adalah "gerak tidur" yang dilakukan daun dari tumbuhan polong-polongan.

e.Nasti Kompleks
Nasti kompleks merupakan gerak nasti yang disebabkan lebih dari satu rangsangan. Contohnya gerak membuka dan menutupnya stomata.

Tugas untuk dikerjakan siswa!
Beri contoh masing-masing gerak tumbuhan tersebut!
Terimakasih***

0 Response to "Macam-macam Gerak Tumbuhan Materi IPA Kelas 8 K-13"

Posting Komentar