Rahasia Membuat Gulai Nangka 'Super Cepat' Tapi Enak

Rahasia membuat gulai nangka 'super cepat' tapi enak – Edisi pendidikan kuliner keluarga kali ini kembali hadir dengan masakan gulai nangka muda. Masakan tradisional ini menjadi sayur ketupat atau lontong yang enak. Selain itu juga menjadi teman makan nasi bagi masyarakat  Minang sejak dulunya.

membuat gulai,gulai nangka,rahasia membuat,cepat dan enak
Gulai nangka super cepat tapi enak (matrapendidikan.com)

Bahan utamannya adalah nangka yang masih muda serta bumbu-bumbu dapur seperti cabai, kelapa, jahe, kunyit dan lain sebagainya.

Semua bahan dan bumbu diolah secara mekanik. Menggunakan tenaga dan alat dapur tradisional.

Lalu, apa rahasianya sehingga super cepat dalam pengolahan dan penyajiannya? Namun sebelumnya, ada baiknya disimak latar belakang membuat gulai nangka super cepat tapi enak.

Bingung dengan teman makan nasi

Bukan mengada-ada atau rekayasa, tapi benar sesuai judul artikel ini. Admin matrapendidikan.com kembali harus ‘turun tangan’ ke dapur pasca ‘ditinggal istri’ Pasalnya ia harus pulang ke kampung halaman untuk keperluan sesuatu yang penting dan mendesak.

Awalnya admin kebingungan apa teman makan nasi hari ini buat anggota keluarga. Namun gagasan ini muncul justru ketika berdiri di depan pintu dapur. Terlihat dari kejauhan, di kebun samping rumah, ada nangka muda yang bergelantungan di batangnya.

Ahay...Gulai nangka muda!

Jika ingin mengolah nangka muda tentu ada bumbu-bumbu masaknya. Kemudian teringat pula kelapa yang belum dikupas di dapur kotor samping rumah. Sedangkan bumbu lainnya dirasa ada di lemari pendingin.
Go...go...go...! Langsung beranjak ke dapur kotor mengambil sebutir kelapa. Kemudian mengupas kulitnya dengan mata cangkul sebagai pengganti sula pengupas kelapa. Ga pake lama, kulit kelapa terkupas sudah.

Kerja efesien dan efektif

Semua ibu atau bapak rumahtangga orang Minang, mungkin pandai membuat gulai nangka, masakan tradisional Minangkabau ini. Bahkan mungkin juga jauh lebih enak daripada buatan admin matrapendidikan.com.

Yang membedakannya adalah efektivitas dan efisiensi kerja dalam membuat gulai nangka muda. Pengolahan dan penyajian menjadi super cepat meskipun dikerjakan dengan cara dan alat dapur tradisional.

Super cepat disini dalam pengertian lebih cepat dalam mengolah dan menyajikan gulai nangka  dari pada waktu normal secara mekanik. Kenapa bisa?

Iya, bisa. Bekerja secar efektif dan efisien. Untuk mewujudkan tujuan ini memasak gulai nangka harus terstruktur dan memiliki prosedur kerja.

Selain itu menganut prinsip, mendahulukan yang patut didahulukan untuk dikerjakan. Bahkan suatu kerja bisa berlangsung dalam waktu sama sehingga pekerjaan itu dapat berlangsung sekaligus.

Prosedur membuat gulai nangka

Ini belajar dari pengalaman orangtua admin memasak di dapur kotor. Nan patuik didauluan, daulukan. Kalau ado nan dapek disamoan wakatunyo, samoan (Yang patut didahulukan, didahulukan. Kalau ada yang dapat dikerjakan dalam waktu bersamaan, disamakan). Begitu kata orangtua yang masih admin ingat sampai sekarang.

Jangan sampai terlalu lama membuat gulai sehingga anggota keluarga kelaparan menunggu gulai matang. Maka gunakan cara cepat, begitu pesan orangtua admin. Nah, disinilah pentingnya prosedur kerja.

1.Menyiapkan bahan nangka muda
Bahan utama gulai target adalah nangka muda yang sudah tersedia di kebun.  Tentu saja dipetik lebih dulu bahan utama ini. Setelah dipetik kemudian dikupas atau dikuliti.

Mengolah buah nangka muda yang banyak getahnya memerlukan waktu.Tidak mudah menguliti buah nangka muda. Namun jika tahu caranya hal itu bisa dengan cepat dilakukan.

Gunakan pisau tajam untuk memotong nangka secara memanjang. Jangan lupa mengoleskan minyak goreng pada pisau atau tangan agar tidak kelabakan oleh getah nangka.

Usai dikupas kulitnya kemudian nangka dipotong dadu dengan ukuran sesuai keinginan. Supaya menjadi banyak, potong agak berukuran kecil.

Selanjutnya merebus nangka supaya empuk dan getahnya hilang dan tidak terasa pahit. Direbus dua kali, rebus pertama sekadar membuang getah tersisa. Rebus kedua supaya empuk dan dilengkapi dengan daun jambu biji.

2.Menggiling cabai
Nah, sementara merebus buah nangka, yang bisa dikerjakan saat bersamaan adalah memarut kelapa atau menggiling cabai. Admin memilih menggiling cabai beseta bumbu dapur yang diperlukan. Belum lagi usai merebus buah nangka maka bumbu masak sudah siap.

Menggiling cabai dan bumbu lainnya menggunakan alat tradisional batu lado. Tidak begitu lama karena sudah mahir menggiling cabai di batu lado.
3.Memarut dan memeras santan kelapa
Kelapa diparut mengguna alat parut yang disebut kukuran. Kukuran adalah adat pemarut kelapa berupa bantalan kayu yang dipasang mata parut dari besi. Ketika memeras santan kelapa, pisahkan antara sari pati dan santan encer.

4.Panaskan santan kelapa
Panaskan santan kelapa encer beserta bumbu-bumbu yang sudah dipersiapkan. Lalu diaduk-aduk dalam wajan atau kuali besar. Sementara saripati santan disimpan sementara dulu.

5.Masukkan nangka
Nangka yang sudah direbus dan dipotong-potong kecil dimasukkan ke dalam campuran santan dan bumbu. Campuran santan usahakan sampai membentuk gelembung-gelembung besar ketika diamsukkan nangka.

6.Sari pati kelapa
Kira-kira sudah empuk maka silahkan dimasukkan sari pati santan kelapa. Tunggu beberapa menit maka gulai nangka muda akan matang dan siap disajikan. Ga pake lama bukan?
Demikianlah sekadar share pengalaman membuat masakan gulai nangka muda super cepat tetapi enak.***

0 Response to "Rahasia Membuat Gulai Nangka 'Super Cepat' Tapi Enak"

Posting Komentar