Mengenal Gerak Hewan pada Materi IPA Kelas 8 K-13

Mengenal gerak hewan pada materi ipa kelas 8 K-13 - Hai....hai....hai...jumpa kembali gaes dengan Matrapendidikan.com, website personal  yang membahas pendidikan anak di lembaga sekolah dan keluarga. Kembali disajikan Materi Pokok IPA Kelas 8 Semester Ganjil pada kesempatan ini.

hewan kuda,bergerak cepat,hewan darat
Kuda bergerak lebih gesit dan cepat (pixabay.com)

Pada bagian pertama sudah dibahas "Macam-macam Gerak Tumbuhan". Nah, apakah gaes sudah paham dengan materi tersebut?
Pada bagian kedua ini akan dikemukakan Materi IPA Kelas 8 Semester  Ganjil sub topik "Gerak pada Hewan" sebagai kelanjutan topik "Gerak Makhluk Hidup dan Benda". Simak aja sampai tuntas, gaes!

Oke. Ciri makhluk hidup, salah satunya adalah bergerak. Semua makhluk hidup akan melakukan gerakan. Termasuk hewan, akan bergerak dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Kenapa hewan bergerak?

Jangan anda jawab, karena hewan punya kaki! Sebab kaki adalah bagian alat gerak dari hewan. Pada umumnya gerak hewan dapat diamati secara kasat mata sehingga bisa menimbulkan pertanyaan; mengapa hewan bergerak.

Hewan bergerak karena ada rangsangan terhadap sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. Beberapa rangsangan yang menyebabkan hewan bergerak adalah :
a.Perlindungan diri dari musuh
B.Mencari makan 
c.Migrasi  

Banyak jenis hewan di atas bumi dengan berbagai macam cara bergerak. Ada hewan bergerak dengan cara berjalan, melata/merayap, terbang dan berenang. Hewan tersebut dapat bergerak karena memiliki alat gerak yang sesuai dengan habitatnya.

Hewan dapat bergerak dengan menggunakan tulang dan otot sebagaimana halnya manusia yang bergerak secara aktif dan pasif.

Bagaimana gerak hewan di darat, udara dan air?

1.Gerak hewan di darat
Hewan yang hidup di darat bergerak dengan tulang dan otot. Namun demikian struktur tulang dan otot hewan di darat tidak sama.

Bandingkan kaki kuda dengan kaki kucing. Kaki kucing lebih ramping dibandingkan kuda. Begitu pula otot dan massa tubuh kucing, lebih ringan. 

Kalau begitu, mana yang lebih cepat dan kuat berlari antara kedua hewan tersebut?

Hewan vertebrata (bertulang belakang) memiliki tulang dan otot sebagai alat gerak. Tulang menjadi alat gerak pasif. Sedangkan otot menjadi alat gerak aktif.

Alat gerak aktif dan pasif pada hewan vertebrata adalah kaki, sayap atau sirip.

Sedangkan hewan invertebrata (tidak mempunyai tulang belakang) mempunyai alat gerak khusus. Misalnya, hewan lunak (mollusca) seperti bekicot, bergerak menggunakan kaki otot.

Begitu pula hewan memiliki rongga (colenterata) seperti ubur-ubur, bergerak menggunakan tentakel.

2.Gerak hewan di air
Pada umumnya hewan air bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip. Kenapa ikan dapat berenang dalam air? 

Ikan dapat berenang karena air memiliki kerapatan dan gaya angkat yang lebih besar dibanding ikan.

Hal ini menyebabkan ikan dapat melayang di dalam air dan dengan energi yang sedikit saja ikan bisa bergerak menggunakan sirip.

Selain karena massa jenis ikan yang lebih kecil dibanding dengan lingkungannya, bentuk tubuh ikan juga mempengaruhi kemampuan ikan untuk bergerak. 

Ikan memiliki bentuk tubuh yang aerodinamis (streamline) untuk mengurangi hambatan ketika bergerak didalam air, sehingga ikan mudah bergerak di dalam air.

Tubuh ikan dilengkapi dengan otot dan tulang belakang yang fleksibel yang berguna untuk mendorong ekor dan sirip ikan di dalam air. 

Sirip samping dan sirip ekor yang lebar berfungsi membantu mendorong gerakan ikan ke depan sehingga ikan akan bergerak lebih cepat.

3.Gerak hewan di udara
Ketika melihat burung terbang di udara, apa yang anda fikirkan, gaes? Rasanya sangat tidak mungkin benda dapat melayang di udara karena segala sesuatu yang dilempar ke atas angkasa akan jatuh kembali ke permukaan bumi.

Lalu ,bagaimana seekor burung dapat terbang bebas di angkasa?

Gerak pada hewan yang bisa melayang di udara karena adanya gaya gravitasi bumi dan diimbangi oleh gaya angkat yang dimiliki oleh burung karena memiliki sayap dan rangka tulang yang mendukung.

Prosesnya begini gaes, ketika burung terbang, udara akan mengalir di bagian atas dan bawah burung. Saat mengepakan sayapnya, udara di bagian atas tubuh burung akan mengalir ke bawah. 

Dengan demikian akan terbentuk gaya yang mendorong tubuh burung ke bagian atas sehingga burung dapat bertahan di udara.
Jadi, burung menggunakan sayap untuk bergerak (terbang) dengan gabungan otot yang kuat dan tulang yang ringan, kepakan sayap burung akan membuat gaya angkat yang memungkinkan burung untuk terbang.***

0 Response to "Mengenal Gerak Hewan pada Materi IPA Kelas 8 K-13"

Posting Komentar