MPLS Daring Penting Dilaksanakan untuk Peserta Didik Baru

MPLS daring penting dilaksanakan untuk peserta didik baru - Hari Pertama Sekolah (HPS) tahun ajaran 2020/2021 telah dimulai hari ini, Senin 13/07/20). Namun HPS tidak berjalan secara normal, tatap muka, sebagaimana dilaksanakan pada tahun ajaran sebelumnya. Hal ini karena masih berlakunya pembatasan dalam pencegahan Covid-19.


MPLS Daring,pengenalan sekolah,lingkungan,sosial
Ilustrasi pembelajaran daring (pixabay.com)

Bagi peserta didik baru, pengenalan lingkungan sekolah sangat penting. Kenapa sangat penting? Karena siswa baru harus dapat beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring yang tengah berlangsung pada tahun ajaran ini. 
Yang lebih penting lagi adalah program dan cara belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 yang akan dilaksanakan secara online.

Peserta didik baru perlu mengenal apa itu pembelajaran online? Bagaimana model pembelajaran online pada sekolah barunya.

Tidak terkecuali pengenalan mata pelajaran, guru mata pelajaran dan sistem belajar pada setiap mata pelajaran.

Sekolah yang dinyatakan selain zona hijau, memang tidak membuka tahun ajaran baru 2020/2021 dengan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran daring harus dilaksanakan, termasuk untuk peserta didik baru di hari pertama sekolah.

Mengingat pentingnya pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) semestinya tetap dilaksanakan meskipun secara online melalui sistem MPLS daring (dalam jaringan).

Lingkungan sekolah tidak hanya lingkungan fisik melainkan juga lingkungan sosial. Oleh sebab itu kegiatan MPLS seyogyanya dilaksanakan sebagaimana pada masa normal. Hanya saja sistem pelaksanaannya yang berbeda.

Materi MPLS dapat disampaikan secara online kepada peserta didik maupun orangtua peserta didik.
Tentunya pihak sekolah telah mempersiapkan sebelumnya, seperti membentuk panitia dan guru pembimbing MPLS Daring. Panitia melibatkan tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah. Begitu pula dengan pembimbing MPLS.***

0 Response to "MPLS Daring Penting Dilaksanakan untuk Peserta Didik Baru"

Posting Komentar